9 Manfaat Berat Merah untuk Kesehatan Tubuh, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet!

9 Manfaat Berat Merah untuk Kesehatan Tubuh, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet!

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Manfaat beras merah sangat banyak untuk kesehatan. Dibandingkan dengan beras putih, beras merah mengandung serat yang lebih tinggi. 

Selain sebagai sumber karbohidrat utama, beras merah juga memiliki kandungan protein, serat, beta karoten, dan zat besi yang lebih banyak dibandingkan beras putih.

Hal ini membuat beras merah memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Selain memberikan energi dan nutrisi yang penting, beras merah juga dapat membantu meningkatkan ekonomi petani karena harganya yang lebih mahal dibandingkan beras putih. 

Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi nasi beras merah, yuk simak!

BACA JUGA:Satu Mobil Plat Merah Terjebak Longsor di Kerinci

BACA JUGA:Cobain Kuy! Resep Ayam Kukus Santan yang Warnanya Putih tapi Nagih

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan 

Beras merah kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan mendukung keseimbangan bakteri baik di usus. Bahkan, konsumsi rutin beras merah dapat mencegah sembelit.

2. Mengatur kadar gula darah 

Manfaat lain dari beras merah adalah membantu mengatur kadar gula darah. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih, sehingga konsumsi beras merah tidak menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

3. Antioksidan

Beras merah mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin E, selenium dan antosianin yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. 

Antioksidan ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko penuaan dini dan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

BACA JUGA:Redmi Note 12 jadi Rekomendasi HP Harga 2 Jutaan dengan Spek Ngebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: