Jangan Cemas Gula Darah Naik, Makanan Manis Ini Aman Dimakan Oleh Penderita Diabetes

Jangan Cemas Gula Darah Naik, Makanan Manis Ini Aman Dimakan Oleh Penderita Diabetes

Makanan Manis Ini Aman Dimakan Oleh Penderita Diabetes-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Orang yang mengidap penyakit diabetes perlu waspada saat memilih jenis makanan, khususnya yang tinggi kandungan gula, demi menjaga agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Mengonsumsi makanan yang tinggi kadar gula secara tidak terkontrol dapat meningkatkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes dan berpotensi merugikan kesehatan tubuh mereka.

Walau demikian, ada beberapa makanan yang manis namun tetap aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Biasanya, makanan-makanan tersebut mengandung kadar gula alami yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang begitu tinggi.

Apa saja makanan tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, di bawah ini beberapa makanan manis yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Yuk simak!

BACA JUGA:8 Tips Menghadapi Cowok Friendly Agar Tidak Mudah Baper, Para Cewek Wajib Catat!

BACA JUGA:Dilarang Menjual Daging Kurban! Ini Dia Alasannya

1. Apel 

Tidak semua jenis buah aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena beberapa jenis buah tertentu yang memiliki kandungan fruktosa tinggi, hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Apel termasuk salah satu buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tidak hanya memiliki indeks glikemik yang rendah, tetapi apel juga kaya serat yang membantu mengurangi kecepatan dalam hal penyerapan karbohidrat dan gula di sistem pencernaan. Ini membantu mempertahankan kadar gula darah dalam batas yang stabil.

2. Anggur 

Selain apel, anggur juga salah satu jenis buah dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Anggur memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang berfungsi untuk mengurangi efek stres oksidatif serta membantu melindungi dari kemungkinan terserang  komplikasi penyakit jantung yang terhubung  dengan diabetes.

BACA JUGA:Berikut 3 Tips Mudah Agar Memiliki Janin Perempuan

BACA JUGA:Wajib Diketahui Perkembangan Motorik yang Sesuai Dengan Anak Usia 1 Sampai 12 bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: