Pemerintah Cegah Karhutla di Jambi dengan Operasi Modifikasi Cuaca

Pemerintah Cegah Karhutla di Jambi dengan Operasi Modifikasi Cuaca

Pemerintah Cegah Karhutla di Jambi dengan Operasi Modifikasi Cuaca-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - Untuk menghadapi musim kemarau yang diperkirakan akan lebih kering tahun ini, pemerintah melalui Deputi Bidang Modifikasi Cuaca BMKG menggelar Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) di Provinsi Jambi.

Tujuan operasi ini adalah meningkatkan curah hujan dan membasahi lahan gambut guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kerap terjadi selama musim kemarau.

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang, Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, S.T., M.N.S.S., menyatakan, "Operasi modifikasi cuaca ini telah dipersiapkan dengan matang. Profesional dari berbagai instansi menunjukkan kesiapan yang baik dalam briefing pagi tadi, termasuk manajemen risiko untuk mencapai tujuan misi pencegahan karhutla. Dari BMKG, APP Group, TNI Angkatan Udara, BPBD pusat dan daerah, semuanya telah bersinergi dengan baik."

Rizaldy juga menambahkan, "Dengan pengalaman dan keterampilan mereka, operasi ini diharapkan lebih efektif. Kami telah menyiapkan 8 ton bahan semai NaCl dan operasi ini direncanakan berlangsung selama dua minggu dengan pesawat yang akan tetap berada di lokasi selama periode tersebut. Harapannya, dengan OMC ini kita bisa mencegah karhutla dan melindungi masyarakat dari dampaknya."

BACA JUGA:Pengunjung Taman Safari Berulah Masukkan Sampah ke Mulut Kuda Nil

BACA JUGA:Telkomsel Berkolaborasi dengan Tencent Cloud dan MCASH, Eksplorasi Teknologi Pemindaian dan Verifikasi Telapak

Operasi OMC ini dimulai pada Rabu, 20 Juni 2024, sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi kesiapsiagaan bencana kekeringan dan karhutla yang dilaksanakan pada 31 Mei 2024. Operasi ini melibatkan penyemaian awan menggunakan bahan semai NaCl dengan dukungan pesawat dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh.

Kepala BPBD Jambi, Bachyuni Deliansyah, menekankan pentingnya langkah antisipasi ini. "Dengan prediksi cuaca yang lebih kering, kami perlu mempersiapkan segala upaya pencegahan sejak dini untuk melindungi lingkungan dan kesehatan masyarakat."

Bachyuni juga menyampaikan apresiasinya kepada PT Wirakarya Sakti (WKS), unit usaha APP Group, yang memberikan dukungan logistik untuk kelancaran operasi ini.

Managing Director APP Group, Suhendra Wiriadinata, di tempat terpisah menyatakan, "Kami mendukung inisiatif dan upaya pemerintah dalam pelaksanaan OMC. Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap keberlanjutan dan pelestarian lingkungan, PT WKS berperan aktif dalam mendukung operasi ini. Kami berharap, dengan kolaborasi antara sektor publik dan swasta, kita dapat bersama-sama mengatasi tantangan perubahan iklim dan mencegah bencana karhutla di masa mendatang."

BACA JUGA:Pengunjung Taman Safari Berulah Masukkan Sampah ke Mulut Kuda Nil

BACA JUGA:Kebiasaan yang Membuat Kamu Makin Ganteng, Apa Kamu Sudah Melakukannya?

Operasi OMC di Jambi direncanakan berlangsung selama 12 hari. Diharapkan operasi ini mampu meningkatkan curah hujan di wilayah-wilayah rawan kebakaran, mengurangi titik-titik hotspot, serta memastikan keberlangsungan ekosistem yang sehat dan berkelanjutan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: