Penuhi Kebutuhan Cairan, Ini Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penuhi Kebutuhan Cairan, Ini Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penyebab dan cara cegah batu ginjal-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini Penyebab Mlmunculnya penyakit batu ginjal. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda.

Menjaga kesehatan tubuh harus dilakukan setiap orang. Jangan sampai terlena dengan berbagai kebiasaan yang buruk sehingga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

Seperti juga halnya penyakit batu ginjal. Biasanya, penyakit ini muncul karena kebiasaan yang kurang baik.

Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Faktor genetik dan riwayat keluarga memainkan peran penting dalam hal ini. Jika ada anggota keluarga yang pernah mengalami batu ginjal, risiko seseorang untuk terkena kondisi tersebut menjadi lebih tinggi.

BACA JUGA:Silaturahmi Bersama Ribuan Jemaah dan Ulama di Sumsel, Prabowo Bawa Pesan untuk Tidak Saling Caci Maki

BACA JUGA:Wakapolda Jambi Siap Berikan Bantuan kepada Masyarakat Terdampak Banjir di Kabupaten Tebo

Kurangnya asupan cairan atau dehidrasi juga dapat memicu pembentukan batu ginjal, karena urin yang terlalu terkonsentrasi memudahkan kristalisasi zat seperti kalsium, oksalat, dan asam urat. Diet yang tinggi protein, natrium, dan gula dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. 

Obesitas juga dapat menengaruhi peningkatan risiko batu ginjal, bersama dengan kondisi medis tertentu, seperti asidosis tubular ginjal, sistinuria, dan hiperparatiroidisme. Selain itu, mengonsumsi suplemen dan obat-obatan yang berlebihan juga bisa memicu terbentuknya batu ginjal. 

Penyakit batu ginjal perlu ditanggapi dengan serius. Berikut adalah cara mencegah batu ginjal 

1. Batasi konsumsi protein hewani

Jika Anda ingin mencegah risiko batu ginjal, Anda perlu membatasi konsumsi protein hewani, seperti seperti daging sapi, unggas, ikan, dan daging babi. Makanan tinggi protein hewani bersifat asam dan dapat meningkatkan asam dalam urin. 

BACA JUGA:Disdikbud Keluarkan SE, Libur Bagi Sekolah Berdampak Banjir Diperpanjang

BACA JUGA:Kunjungi Graha Pena Jambi Independent, Pj Bupati Bachyuni Bahas Potensi Kabupaten Muaro Jambi

Tingkat asam urin yang tinggi dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal baik berupa batu asam urat maupun batu kalsium oksalat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: