Begini Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Begini Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Terbaik Membersihkan Telinga-Freepik/jambi-independent.co.id-Freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Terdapat sejumlah cara menjaga kesehatan telinga yang tepat dan mudah dilakukan, di antaranya adalah membersihkan telinga secara berkala dengan cara yang benar, tidak menggunakan earphone terlalu lama, menghindari paparan suara yang terlalu bising, memastikan telinga selalu dalam kondisi kering, serta melakukan pemeriksaan telinga secara rutin.

Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Membersihkan Telinga dengan Benar

BACA JUGA:8 Tips Agar Sayuran Tak Gampang Layu Ketika Disimpan di Kulkas

BACA JUGA:Banyak Minum Air Putih Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Gigi

Cara menjaga kesehatan telinga yang pertama adalah dengan membersihkan telinga menggunakan metode yang tepat, seperti menggunakan obat tetes telinga atau minyak zaitun terlebih dahulu untuk melunakkan kotoran telinga. Setelah itu, biarkan kotoran telinga yang telah melunak tersebut untuk keluar dengan sendirinya.

Saat membersihkan telinga, hindarilah menggunakan cotton bud atau alat pengorek telinga lainnya karena hal tersebut justru dapat menyebabkan kotoran semakin terdorong ke bagian dalam telinga dan berisiko menyebabkan cedera telinga.

2. Tidak Menggunakan Earphone Terlalu Lama

Tips menjaga kesehatan telinga berikutnya yaitu tidak menggunakan earphone terlalu lama. Pasalnya, penggunaan earphone terlalu lama diketahui dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran, terlebih jika mendengarkan suara dengan volume yang terlalu keras. Maka dari itu, ada baiknya untuk membatasi penggunaan earphone agar tidak lebih dari satu jam dalam sehari.

Pastikan pula untuk membersihkan earphone secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah kuman atau bakteri berkembang biak pada earphone yang bisa memicu infeksi telinga bagian dalam (otitis media) saat earphone tersebut digunakan.

3. Menghindari Suara yang Terlalu Bising

Terlalu sering berada di lingkungan yang bising, seperti pabrik atau bengkel kendaraan, berisiko menurunkan kemampuan dan kualitas pendengaran seseorang. Namun, jika terpaksa harus berada di lingkungan yang bising dan terpapar suara bising dalam jangka waktu lama, ada baiknya untuk menggunakan pelindung telinga (earplug) sebagai upaya menjaga kesehatan telinga.

BACA JUGA:Ternyata ini yang Dilakukan Orang Korea untuk Menjadi Cantik Alami

BACA JUGA:Tips Hilangkan Pegal di Kaki setelah Seharian Beraktifitas, Tubuh Terasa Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: