Aksi Boikot McDonald's Makin Memanas Usai Beri Makan Gratis Pasukan Israel

Aksi Boikot McDonald's Makin Memanas Usai Beri Makan Gratis Pasukan Israel

McDonald's--

Seruan boikot Timur Tengah terhadap McDonald's karena memberi makanan gratis ke tentara Israel.

Bahkan Instagram dan halaman X McDonald's Israel kini telah dinonaktifkan akibat membantu tentara Israel memberikan makanan.

Di Pakistan, tagar #BoycottMcDonalds mulai menjadi tren pada hari Jumat kemarin atas pengumuman yang dibuat oleh McDonald's Israel.

Politisi Pakistan Tehreek-e-Insaf memposting di akun X menanyakan apakah warga Pakistan akan tetap memilih makan McDonald's.

Islami Jamiat-e-Talaba Pakistan, jaringan hak-hak pelajar di Pakistan, juga bereaksi terhadap perkembangan tersebut.

“ Dalam solidaritas dengan perjuangan Palestina, mari kita pertimbangkan di mana kita akan menyalurkan dukungan kita. Katakan tidak pada perusahaan seperti McDonald's yang menyediakan makanan gratis kepada militer apartheid Israel”, Tweet Islami Jamiat-e-Talaba Pakistan.

Di Lebanon, kelompok pro-Palestina menyerang gerai McDonald's di Sidon karena pengumuman tentara Israel, menurut laporan media lokal.

Dalam pernyataannya, McDonald's Lebanon kemudian mengatakan bahwa pihaknya tidak memvalidasi posisi yang diambil oleh waralaba di negara lain.

“ McDonald’s Lebanon menegaskan bahwa posisi pewaralaba lain di negara dan wilayah lain tidak mewakili pandangan atau posisi McDonald’s Lebanon dengan cara apa pun dan McDonald’s Lebanon tidak terlibat apa pun dalam tindakan yang diambil di pasar lain di luar Lebanon. Kami berkomitmen untuk bangsa kita dan rakyatnya dengan penuh rasa hormat dan solidaritas,” tulisnya.

Senada dengan itu, waralaba McDonald's di Oman, UEA, Turki dan Kuwait juga mengeluarkan pernyataan mendukung Palestina.

Bahkan McDonald's Oman mengatakan pihaknya mendukung Gaza dan menambahkan bahwa perusahaan tersebut telah menyumbangkan $1,00,000 untuk upaya bantuan bagi masyarakat di negara tersebut.

“ McDonald's Oman (Al Daud Restaurants LLC) menegaskan simpati kemanusiaan kami terhadap saudara dan saudari kami di Gaza, dan kami tidak berkompromi dengan komitmen kami terhadap prinsip dan nilai tertinggi yang tumbuh subur di komunitas kami,” katanya.

“ Berdasarkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang masuk akal ini, kami dengan bangga mengumumkan bahwa McDonald’s Oman telah menyumbangkan $100.000 untuk upaya bantuan bagi masyarakat Gaza, melalui koordinasi dengan pihak berwenang terkait,” tulis  McDonald’s Oman.(*)

McDonald’s Oman menambahkan bahwa pihaknya mendukung Gaza di masa-masa sulit ini dan mencari dukungan masyarakat.

“ Kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi negara kami tercinta dan seluruh negara Arab dan Muslim dari segala kejahatan dan kebencian,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: