BRGM Lirik Tanjab Timur Jambi untuk Menjalankan Modul P5 Gambut

BRGM Lirik Tanjab Timur Jambi untuk Menjalankan Modul P5 Gambut

Kegiatan BRGM di Kabupaten Tanjab Timur, Senin 25 September 2023.-harpandi/jambi-independent.co.id-

BACA JUGA:6 Zodiak Pria yang Paling Pengertian dan Selalu Romantis dengan Pasangan

Pihak sekolah sendiri akan difasilitasi beberapa Sarpras penunjang dalam program ini.

Selain itu, para guru juga bisa dengan mudah mendapat informasi atau wawasan terkait program ini melalui berbagai buku, chanel youtube dan link resmi lainnya.

"Dari situ bisa diketahui bagaiman cara siswa bisa mengenal apa itu lahan gambut, karakteristik, manfaat dan kegiatan apa yang harus dilakukan untuk memulihkan lahan gambut yang rusak, serta melihat permasalahan di sekitar, kemudian berbagai tahap aksi," urainya.

Melanjutkan wawancara ini, Dermawati Sihite menjelaskan, untuk lahan gambut yang ada di Kecamatan Dendang ini sendiri memiliki kedalam lebih dari 3 meter.

BACA JUGA:6 Zodiak Perempuan yang Hobi Stalking dan Kepo dengan Orang Lain

BACA JUGA:Penerapan Kurikulum Pendidikan Lingkungan Gambut, Perdana di SMAN 4 Tanjabtim

"Untuk tingkat kematangan lahan gambut di wilayah ini ada Saprik (matang), Hemik (setengah matang) dan Fibrik (mentah). Tapi dari hasil pemantauan kami, rata-rata lahan gambut di sini Hemik. Dan ada beberapa lokasi yang termasuk gambut dalam juga," jelasnya.

Dari program ini juga, para siswa dan guru nantinya bisa dengan mudah mengenal kondisi lahan gambut hanya secara kasat mata ataupun aroma yang muncul di lokasi gambut itu sendiri.

"Jadi dari situ bisa diketahui mana lahan gambut yang rentan terbakar, dan jenis gambut yang bagai mana yang cocok untuk ditanami tanaman tertentu, atau tanaman adaptif yang memang cocok untuk lahan gambut dan tanan sekat bakar," ujar Kepala Sub Kelompok Kerja Penguatan Kelembagaan dan Kemitraan BRGM ini.

Mengakhiri sesi wawancara ini, Dermawati Sihite mewakili BRGM menyampaikan, pihak akan memfasilitasi dan mendorong agar isu gambut ini menjadi Mainstreaming dari semua pihak.

BACA JUGA:Didemo Mahasiswa di Hari Pertama Kerja, Ini Tanggapan Pj Bupati Merangin Mukti

BACA JUGA:Dewan Tegas Minta Pemkab Muaro Jambi Hentikan Subsidi ke Perumda Tirta Muaro Jambi, Ini Alasannya

"Jadi semua pelajar yang tinggal dilahan gambut, paling tidak mereka bisa mengenal kondisi lahan gambut disekitarnya dan bisa menjaga, lalu mengimplementasikan hal positif dari program BRGM ini juga," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: