Harga BBM Semakin Mahal? Ini 6 Alternatif Energi Baru Pengganti BBM yang Bisa Digunakan

Harga BBM Semakin Mahal? Ini 6 Alternatif Energi Baru Pengganti BBM yang Bisa Digunakan

CNG sebagai salah satu alternatif pengganti BBM-Foto : dok-Jambi-independent.co.id

5. CNG atau Compressed Natural Gas

Pada dasarnya gas yang satu ini terbentuk dari metana yang disimpan dengan tekanan tinggi. Pembakaran juga lebih bersih sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Selain itu, gas yang satu ini jauh lebih aman untuk diangkut dan ditangani.

CNG juga bisa digunakan untuk membantu meningkatkan masa pakai oli pelumas mesin kendaraan, hal itu karena mudah bercampur dengan udara. Yang lebih hebatnya adalah CNG bisa menghasilkan karbon dioksida, nitrogen oksida, sulfur oksida, karbon monoksida dan partikulat yang rendah.

Sayangnya, gas yang satu ini membutuhkan ruang lebih besar dibandingkan tangki biasa.

6. PowerPaste

Energi alternatif yang satu ini masih terdengar asing di telinga masyarakat. Hal itu karena energi alternatif yang satu ini masih terbilang baru. Sesuai dengan namanya, energi alternatif yang satu ini sangat mirip dengan pasta gigi.

BACA JUGA:Kejadian Langka, Heboh Hujan Es Mengguyur Jabodetabek, Ini Penjelasan BMKG

BACA JUGA:Fakta Manarik tentang Gunung Padang, Bebatuannya Disinyalir dapat Mengeluarkan Suara

PowerPaste muncul berdasarkan hasil riset dan penelitian yang dilakukan di Institut Fraunhofer untuk Teknologi Manufaktur dan Bahan Lanjutan IFAM yang basisnya ada di Dresden, Jerman.

Wujud dari PowerPaste mirip dengan cat akrilik bahkan sangat mirip dengan pasta gigi. Siapa sangka jika manfaat yang besar didapatkan temuan tersebut. Pasta yang satu ini dibuat dengan beberapa bahan kimia termasuk magnesium bubuk yang dicampurkan dengan hidrogen untuk membentuk magnesium hidrida.

Setelah itu PowerPaste bercampur dengan air yang disimpan dalam tangki yang terpisah menghasilkan gas hidrogen. (Muhammad Isnaini/radarkaur.co.id)

 

 

Artikel ini juga tayang di radarkaur.co.id

Dengan judul apa cng atau bbg itu bahan bakar pengganti pertalite dan pertamax harganya rp3 ribu pertalite

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkaur.co.id