Sering Merasa Kesemutan? Hati-hati Ada Resiko Penyakit, Ini 7 Cara Mengatasinya

Sering Merasa Kesemutan? Hati-hati Ada Resiko Penyakit, Ini 7 Cara Mengatasinya

Ilustrasi kesemutan -pixabay-Pixabay.com

BACA JUGA:Susno Duadji Sebut Kementerian ESDM Biang Kerok Kasus Tambang Ilegal yang Seret Komjen Agus Andrianto

4. Pijatan

Lakukan pijatan pada bagian tubuh akan melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya kesemutan. Dengan begitu, bagian tubuh yang dipijat akan berasa lebih segar dan rileks sekaligus melancarkan peredaran darah. 

5. Pakai ukuran sepatu yang tepat  

Sepatu yang terlalu sempit dapat menyebabkan kesemutan. Selain itu, memakai stocking yang terlalu ketat setiap hari juga bisa memicu kesemutan pada kaki. Ganti sepatu dan stocking ke ukuran yang lebih nyaman agar peredaran darah menjadi lancar dan mengurangi tekanan pada kaki. 

6. Konsultasi ke dokter 

Jika kesemutan terjadi terus menerus atau terlalu sering tanpa penyebab yang pasti. Sebaiknya Anda konsultasikan kondisi ini ke dokter. 

Beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan kesemutan terus menerus, antara lain diabetes, penyakit autoimun, saraf kejepit, kemoterapi, kerusakan saraf akibat trauma atau kecelakaan, dan kekurangan atau kelebihan vitamin tertentu.

BACA JUGA:Peralatan Medis di RSUD Nurdin Hamzah Muarasabak Terbatas, Pasien Emergency Harus Dirujuk ke RS Kota Jambi 

BACA JUGA:RSUD Nurdin Hamzah Muarasabak Masih Kekurangan Tenaga Spesialis

7. Hindari makanan penyebab kesemutan

Makanan yang dapat menyebabkan kesemutan, seperti makanan manis/ tinggi gula, makanan tinggi garam, makanan olahan, makanan cepat saji, makanan dan minuman beralkohol serta gorengan. 

Disarankan bagi pengidap parestesia untuk mengkonsumsi makanan protein tanpa lemak, kunyit, makanan kaya vitamin B6 dan B12. Makan buah dan sayur seperti pisang, alpukat, jeruk, paprika, bayam dan tomat.*

Artikel ini juga tayang di Disway.id, dengan judul Sering Kesemutan Ada Resiko Penyakit, Ini 7 Tips Mengatasinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id