Berkomitmen Dorong UMKM Go Global, PLN Ikutkan Mitra Binaannya di Festival Pasar Senggol Turki

Berkomitmen Dorong UMKM Go Global, PLN Ikutkan Mitra Binaannya di Festival Pasar Senggol Turki

PLN Ikutkan Mitra Binaannya di Festival Pasar Senggol Turki--

Istanbul, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - PT PLN (Persero) bersama BRI, BNI, Telkom Indonesia, Pertamina dan Bank Mandiri mengikutsertakan UMKM binaannya dalam pameran dagang, bazar kuliner dan festival budaya terpadu bertajuk Festival Pasar Senggol Türkiye. Kegiatan yang dilaksanakan 3-6 Juni 2022 di Halic Congress Center, Istanbul itu, diselenggarakan oleh Komunitas ekonomi diaspora dan perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) Turki dengan didukung penuh oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul dan diikuti oleh tidak kurang dari 80 UMKM dari Indonesia.

Pasar Senggol Turkiye merupakan festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki. Ide Pasar Senggol ini tercetus dari beberapa pengalaman diaspora Indonesia yang berada di Turki dan seringkali berpartisipasi dalam suatu festival tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas di Turki seperti Thailand market, IWI (International Woman of Istanbul) dan bazar lainnya.


Ajang ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi dan pemasaran produk UMKM Indonesia kepada pasar international. Selain itu juga menjadi angin segar bagi para pelaku usaha diaspora Indonesia dan Turki agar dapat selalu produktif, kreatif dan inovatif untuk mengembangkan produknya. Tentunya ini adalah salah satu platform yang sangat dinanti untuk mengembangkan aktifitas perekonomian yang telah surut di masa pandemi.

Pasar Senggol Turkiye dihadiri dan dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia Turki di Ankara, Dr. Lalu Muhamad Iqbal. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun, karena selain sebagai ajang promosi bisnis produk lokal Indonesia kepada dunia, juga sebagai salah satu ajang silaturahmi para WNI di Turkiye, yang saat ini berjumlah kurang lebih 7.000 orang.

BACA JUGA:Kasiren Korem 042/Gapu Pimpin Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran 2022

BACA JUGA:Sempat Viral, Pria yang Ditarik Paksa Orangutan Klarifikasi dan Minta Maaf, Oh Ternyata..

"Dengan adanya festival ini, diharapakan para diaspora dapat meningkatkan kerjasama ekonomi antar negara serta dapat melestarikan kebudayaan  Indonesia di Turki. Selain itu juga dapat mendorong terciptanya produk unggulan yang dapat dipasarkan di pasar bebas di Turki dengan sasaran, arah dan strategi yang baik dan benar", ungkapnya.


Konsul Jenderal Republik Indonesia Istanbul, Imam As'ari dalam berita yang dilansir dari laman kemlu.go.id, mengatakan bahwa Festival Pasar Senggol diharapkan menjadi ikon kegiatan ekonomi dan budaya diaspora Indonesia di Turki yang diselenggarakan reguler setiap tahunnya. Seiring dengan persiapan Festival Pasar Senggol, para diaspora ekonomi Indonesia di Istanbul dengan dipandu KJRI Istanbul juga menggagas terbentuknya Komunitas Ekonomi Diaspora Indonesia (KEDI), yang diharapkan dapat menjadi wadah tukar informasi, kolaborasi dan pemberdayaan pelaku usaha dan calon wirausaha diaspora Indonesia di Istanbul dan wilayah lainnya di Turki.

Terpisah, Arya Sinulingga selaku staffsus Kementrian BUMN melalui daring menyampaikan bahwa Kementerian BUMN selalu berkomitmen untuk memajukan bisnis UMKM Indonesia. Salah satunya melalui Program Rumah BUMN yang fokus membina UMKM lokal untuk berkembang melalui Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global.

“Berbagai program terus kita lakukan, seperti Rumah BUMN yang menjadi tempat bagi UMKM untuk berkembang, lebih kreatif, go digital dan go global dengan pendampingan dari BUMN. Bukan hanya pendampingan, BUMN juga mendukung dari sisi pembiayaan bahkan hingga pemasaran seperti yang kita lakukan di Turki ini. Kementrian BUMN berkomitmen membawa UMKM untuk bisa membuka market baru”, papar Arya.

BACA JUGA:10 Hewan Ternak di Tanjab Timur Terindikasi Terpapar PMK, Pemkab Melapor ke Kementerian

BACA JUGA:PT. Dipo Internasional Pahala Otomotif Gelar Konsumen Fleet Training Euro 4

Kordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) sebagai ketua penyelenggara yaitu Faruq Ibnul Haqi menyampaikan kegiatan ini nantinya direncanakan dapat di lakukan di 60 negara yang terdapat Pelajar Indonesia, dengan harapan para pelajar Indonesia di negara tersebut juga dapat membantu dalam memasarkan produk unggulan Rumah BUMN, selain untuk membantu dalam memberdayakan pengusaha lokal, juga menciptakan jiwa entrepreneur kepada para pelajar tersebut.

Perwakilan Mitra unggulan PLN yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Rumah Madu Hutan Jambi yang merupakan binaan Rumah BUMN Jambi dan Kopi Bermani Kepahiang yang merupakan binaan Rumah BUMN Kepahiang, Bengkulu.

Dalam kegiatan ini, Rumah Madu Hutan Jambi berkesempatan mengenalkan dan menjual produk-produk unggulannya, antara lain: Madu Akasia (Acacia crassicarpa), Madu Kelulut/stingless Bee (Trigona sp), Bee Power, Bee Pollen dan Honey Combs. Sedangkan Kopi Bermani membawa 3 (tiga) produk unggulannya, yaitu: Ground Coffe dari jenis Robusta, Arabica dan Liberica, serta Roast Bean dan Green Bean.


Candra Lela dan Adi Negoro sebagai UMKM Binaan Rumah BUMN PLN berharap kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan, untuk membantu memasarkan produk-produk UMKM, juga sebagai salah satu cara untuk memahami kebutuhan produk yang ada di berbagai negara.

BACA JUGA:Waduh, 10 Hewan Ternak di Tanjab Timur Terindikasi Terpapar PMK

BACA JUGA:Terkait Penghapusan Tenaga Honorer, Ini Tanggapan Sekda Tanjab Barat

"Kami sangat terbantu dan berterimakasih kepada PLN yang telah mengikutsertakan kami dalam kegiatan ini. Kami juga berterimakasih kepada Bapak Erick Thohir dan Arya Sinulingga yang telah mendukung program pemasaran UMKM melalui pameran international seperti ini", ungkap Candra Lela.

Tak hanya pameran produk kuliner, barang dan jasa, Festival Pasar Senggol Turkiye juga dimeriahkan serangkaian pagelaran seni budaya, panggung rakyat, business talks dan fashion show yang ditampilkan oleh para diaspora dan pelajar Indonesia, sanggar tari dan kampus mode dari Indonesia, serta penampilan friends of Indonesia. Panggung Pasar Senggol juga diisi dengan gala show pembukaan yang dihadiri juga oleh para Konsul Jenderal dari negara-negara Asia Pasifik dan dignitaries setempat.


Salah satu bussiness talk yang dilaksanakan pada hari kedua festival, bertajuk "Idonesia – Turkey Business Forum dan Global Leaders Award", mempertemukan para mitra Rumah BUMN dengan distributor-distributor lokal Turki. Kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani komunikasi dan pemasaran antara UMKM di Indonesia dengan distributor produk di negara berpenduduk 84 juta jiwa itu. Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan networking dan relasi UMKM Mitra BUMN dan menemukan potensial buyer untuk pemasaran secara berkelanjutan kedepannya.

Festival Pasar Senggol Turkiye juga dikunjungi oleh petinggi perusahaan-perusahaan multinasional, seperti: Indofood dan Unilever di Turkey. Dalam kunjungannya, mereka memberi masukan jika Istanbul merupakan 'Jalur Sutra Dunia', sehingga menjadi arah yang tepat untuk memesarkan dan memperkenalkan produk yang dimiliki Indonesia. Jika kualitas produk yang dimiliki pelaku-pelaku UMKM dapat menyesuakan standar di Istanbul, maka dapat membuka jalan ke pasar yang lebih luas, karena kebanyakan pasar Eropa merupakan produk yang melalui pasar di Istanbul.

BACA JUGA:Honda Forza Hadir di Wing Dealer Sinsen Abunjani

BACA JUGA:Hina Nabi Muhammad, Polisi Bakal Periksa Nupur Sharma

Diharapkan rangkaian Festival Pasar Senggol Turkiye ini dapat menjadi jalan pembuka bagi para UMKM Unggulan binaan BUMN Indonesia untuk berkembang dan berkiprah di pasar Internasional, sesuai tujuan pembinaan UMKM BUMN yaitu UMKM Naik Kelas menuju Go Global.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: