Wajib Tahu, Ini Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Mengemudi di Jalan Tol

Wajib Tahu, Ini Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Mengemudi di Jalan Tol

Hal yang tak boleh dilakukan saat mengemudi di jalan tol-Foto : ilustrasi-Net

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Ini hal yang tak boleh dilakukan saat mengemudi di jalan tol.

Untuk diketahui, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pengendara saat berada di jalan tol. Sebab, jalan tol merupakan infrastruktur penting yang memfasilitasi perjalanan jarak jauh dengan cepat dan efisien.

Sehingga penting untuk menjaga keselamatan di jalan tol. Sehingga ada sejumlah aturan dan larangan yang wajib dipatuhi oleh setiap pengemudi.

Sebab,  mengabaikan aturan-aturan ini tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga pengguna jalan lainnya.

BACA JUGA:Ditresnarkoba Polda Jambi Amankan 2 Tersangka Jaringan Internasional, Musnahkan 4 Kg Sabu dan 19 Ribu Ekstasi

BACA JUGA:Menangkan Sengketa Tanah Kampus I Telanaipura, Rektor UIN STS Jambi: Semoga Masyarakat Hormati Putusan Hukum

Salah satu hal yang dilarang keras adalah menggunakan ponsel saat mengemudi. Mengalihkan perhatian dari jalan untuk mengecek pesan atau melakukan panggilan dapat menyebabkan kecelakaan fatal.

Selain itu, penggunaan bahu jalan untuk mendahului kendaraan lain juga merupakan pelanggaran serius yang dapat mengakibatkan tabrakan.

Hal lain yang sering kali diabaikan oleh pengemudi adalah batas kecepatan. Mengemudi terlalu cepat atau terlalu lambat di jalan tol dapat mengganggu aliran lalu lintas dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Sony Susmana, pakar keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan menjaga kecepatan yang aman dan sesuai dengan batas yang ditetapkan sangat penting untuk keselamatan semua pengguna jalan.

BACA JUGA:Ditresnarkoba Polda Jambi Amankan Warga Singkut yang Bawa 463 Gram Sabu

BACA JUGA:Penyerahan Jabatan Kabid Dokkes Polda Jambi, Kombes Pol dr Yolie Diana Koesnin Purnatugas

“Pengemudi sering kali meremehkan pentingnya mematuhi aturan di jalan tol, padahal ini sangat krusial untuk keselamatan. Menggunakan ponsel saat mengemudi, misalnya, adalah kebiasaan yang sangat berbahaya. Fokus pengemudi harus selalu berada pada jalan,” katanya. 

Menurut data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pelanggaran batas kecepatan dan penggunaan bahu jalan merupakan dua pelanggaran paling umum yang menyebabkan kecelakaan di jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: