Mengajarkan Anak: 6 Skill Menenangkan Diri saat Tantrum

Mengajarkan Anak: 6 Skill Menenangkan Diri saat Tantrum

Mencoret-coretan kertas dapat membantu anak menenangkan diri saat tantrum -ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

 JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Tantrum merupakan ledakan emosi yang umum terjadi pada anak-anak, terutama pada usia balita, yang mana bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti rasa frustrasi, kelelahan, atau kebutuhan akan perhatian.

Mengajarkan anak cara menenangkan diri saat tantrum adalah langkah penting dalam membantu mereka mengelola emosi dengan baik loh, selain itu membantu dan mempermudah orang tua mengatasi anakmya yang sedang tantrum.

Orang tua yang mengajarkan skil menenangkan diri saat tantrum keanaknya, akan membantu anak menjadi pribadi yang hebat karena mampu mengatur emosi dengan skill-skill yang diajarkan.

Jika anak dapat mengatur emosinya maka tantrum tidak akan terjadi lagi.

BACA JUGA:Jangan Biarkan Anak Tantrum, Jika Anak Melakukan 6 Hal Ini

BACA JUGA:Yuk Kenali! 7 Alasan Umum Penyebab Anak Tantrum

Nah, ini dia enam keterampilan yang dapat orang tua ajarkan kepada anak untuk menenangkan diri saat mengalami tantrum.

1. Mencoret kertas

Skill menenangkan diri saat tantrum yang harus diajarkan orang tua pertama adalah mencoret kertas, karena mengalihkan perhatian anak dengan memberikan kertas dan alat tulis dapat menjadi cara efektif untuk meredakan tantrum.

Ajarkan anak meluapkan emosi kedalam coretan pada kertas, ketimbang melakukan perilaku yang tidak terkendali dan merugikan.

Aktivitas mencoret-coret kertas ini dapat memberikan anak kesempatan untuk mengekspresikan emosi mereka secara visual, membantu mengalihkan fokus dari kemarahan atau frustrasi ke sesuatu yang lebih tenang dan terkendali.

BACA JUGA:12 Tips Atasi Anak Tantrum, Tetap Tenang dan Cari Pemicunya

BACA JUGA:7 Tips Mengatasi Anak Tantrum, Sabar ya Bunda

Jadi, orang tua bisa menyediakan buku gambar atau kertas kosong di tempat yang mudah dijangkau anak setiap saat, sehingga ketika anak tantrum dia akan pergi untuk melakukan hal yang diajarkan orang tua yaitu mencoret kertas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: