Mengajarkan Anak: 6 Skill Menenangkan Diri saat Tantrum

Mengajarkan Anak: 6 Skill Menenangkan Diri saat Tantrum

Mencoret-coretan kertas dapat membantu anak menenangkan diri saat tantrum -ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

2. Minum air

Skill menenangkan diri saat tantrum yang harus diajarkan orang tua kedua adalah minum air, karena dengan minum segelas air dapat membantu menenangkan anak yang sedang tantrum.

Memberikan air minum kepada anak tidak hanya membantu mereka untuk berhenti sejenak dan mengalihkan perhatian, tetapi juga bisa membantu menenangkan sistem saraf mereka.

Orang tua bisa membuat kebiasaan ini lebih menyenangkan dengan memberikan gelas favorit atau menggunakan sedotan warna-warni.

BACA JUGA:Cara Atasi Anak Tantrum dengan Tepat, Lengkap dengan Penyebabnya

BACA JUGA:5 Tanda Pola Asuh Orang Tua Berhasil pada Anak

3. Memeluk ayah atau ibu

Skill menenangkan diri saat tantrum yang harus diajarkan orang tua ketiga adalah memeluk ayah atau ibu, karena dengan pelukan dapat menenangkan dan memberi rasa nyaman.

Ajarkan anak ketika tantrum untuk melakukan kontak fisik yang hangat dan penuh kasih, karena bisa membantu mengurangi stres dan memberikan rasa aman kepada anak.

Ketika anak mulai tantrum, cobalah mendekat dan menawarkan pelukan, dengan pelukan dapat menjadi sinyal bagi anak bahwa mereka tidak sendirian dan dicintai, sehingga membantu menenangkan emosi anak.

4. Menarik nafas dalam

Skill menenangkan diri saat tantrum yang harus diajarkan orang tua keempat adalah menarik nafas dalam, orang tua bisa ajarkan anak teknik pernapasan dalam untuk menenangkan diri.

BACA JUGA:Pola Asuh Permisif: Ciri-ciri dan Dampak pada Tumbuh Kembang Anak

BACA JUGA:Orang Tua Harus Tahu! Ciri-ciri dan Dampak Pola Asuh Otoritatif Tumbuh Kembang Anak

Ketika anak mulai merasa marah atau frustrasi, ajak mereka untuk menarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sejenak lalu hembuskan perlahan melalui mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: