Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Buka Pelatihan Pengembangan Kapasitas TRC

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah Buka Pelatihan Pengembangan Kapasitas TRC

PJ Bupati Bachyuni buka pelatihan pengembangan kapasitas diridi BPBD Muaro Jambi -Foto : Junaidi-Jambi-independent.co.id

MUARO JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah membuka pelatihan pengembangan Kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Muaro Jambi, di halaman Kantor BPBD Komplek Perkantoran Bukit Cinto Kenang Sengeti.

Kegiatan yang digelar dikantor BPBD Kabupaten Muaro Jambi itu diikuti oleh lebih kurang 100 anggota.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Muaro Jambi. Selain itu, dirinya juga berterimakasih kepada TNI AD yang telah melatih anggota BPBD Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut dia, Badan Nasional Pusat beberapa waktu lalu sudah melakukan MoU dengan Kepala staf angkatan Darat terkait dengan kebencanaan. 

BACA JUGA:Wagub Sani Pimpin Rapat Pengawasan Stunting, Pengentasan Kemiskinan dan Sektor UMKM

BACA JUGA:IIMS 2024, Honda Stylo 160 Primadona, EM1 e: Jadi Motor Listrik Terbaik

Katanya, setiap kegiatan kebencanaan angkatan Darat akan hadir di tengah-tengah untuk membantu terkait pekerjaan kebencanaan dan itu juga tertuang dalam surat keputusan panglima TNI bahwa ada Dua, yang Pertama tentara Nasional Indonesia mempunyai tugas pokok melakukan menjaga keamanan ketertiban masyarakat melalui status darurat perang.

"Yang kedua, melalui status darurat sipil darurat untuk membantu kegiatan pemerintah daerah dalam segi kebencanaan artinya, sekarang yang dilatih memang harus satu rumpun dengan TNI angkatan Darat ini sudah ada MoU," katanya. 

Tim Reaksi Cepat kata Pj Bupati Bachyuni, merupakan kegiatan kemanusiaan, karena anggota TRC modal utamanya adalah bekerja untuk masyarakat. 

"Kalau hari ini saudara dikumpulkan dilakukan pelatihan artinya Saya pengen kompetisi saudara lebih daripada yang lain yang namanya bencana tidak mengenal waktu tidak mengenal tempat dan kejadiannya bisa datang secara tiba-tiba. Kalau TRC tidak siap maka bencana akan banyak memakan korban," imbuhnya.

BACA JUGA:Harga Bahan Pokok di Jambi Naik, Ketua DPRD Provinsi Jambi Minta Pemprov Lakukan Pengendalian Harga

BACA JUGA:Menhan Prabowo Resmi Sandang Pangkat Jenderal TNI (HOR)

Sementara itu, Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Muaro Jambi, Alias menyebut jika ada beberapa komponen yang akan diikuti oleh seluruh personel yang ikut, diantaranya kemampuan akademik, kesehatan dan fisik.

"Pada kesempatan ini saya tegaskan bahwa kegiatan bukan kegiatan serimonial saja. Saya pastikan itu untuk melakukan evaluasi terhadap rekan-rekan semua, tunjukkan kinerja saudara sehingga bisa sesuai dengan harapan, memenuhi passing grad," kata Alias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: