Jangan Salah, Nanas juga Ada Efek Samping Loh, Simak Faktanya

Jangan Salah, Nanas juga Ada Efek Samping Loh, Simak Faktanya

nanas-Foto : ilustrasi-Pixabay

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Nanas ternyata juga bisa menimbulkan efek samping. Mengonsumsi Nanas berlebihan atau dengan cara yang salah bisa menyebabkan iritasi pada mulut dan perut.

Ini 5 efek buruk mengkonsumsi nanas berlebihan bagi kesehatan :

1. Masalah perut.

Reaksi bromelain juga bisa terjadi dalam perut. Ini bisa menyebabkan mual dan muntah, rasa logam di mulut, sulit bernapas, hidung tersumbat, pusing, atau pingsan.

BACA JUGA:Simak, Ini Agenda Cawapres Gibran di Jambi

BACA JUGA:Usai Sambangi Jambi, Cawapres Gibran akan Bertolak ke Sumatera Utara

Ibu hamil dan menyusui juga tidak dianjurkan mengonsumsi nanas karena bisa memberi efek buruk pada janin.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan diare, mual, dan muntah. Sifat asam pada nanas juga bisa menyebabkan refluks asam pada perut.

Kondisi ini terjadi ketika cairan pencernaan kembali ke kerongkongan. Hasilnya adalah ketidaknyamanan pencernaan seperti mulas, yang merupakan sensasi terbakar di dada.

2. Interaksi obat.

Nanas bisa mengganggu kinerja beberapa obat dalam tubuh. Ini disebabkan oleh enzim bromelain pada nanas.

Bromelain bisa bereaksi pada obat-obatan seperti antibiotik, antikoagulan, pengencer darah, antikonvulsan, barbiturat, benzodiazepin, obat insomnia dan antidepresan trisiklik.

Reaksi bromelain pada obat-obatan tersebut bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti nyeri dada, demam, pusing, menggigil, hingga mimisan.

Jika seseorang mengalami efek samping ini, mereka harus berhenti mengonsumsi nanas dan berbicara dengan dokter tentang kemungkinan perawatan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: