Coklat dan Gorengan Membuat Kulit Berjerawat Ternyata Mitos, ini Faktanya

Coklat dan Gorengan Membuat Kulit Berjerawat Ternyata Mitos, ini Faktanya

ilustrasi Jerawat Membandel-Freepik/jambi-independent.co.id-Freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Meskipun banyak sekali saran mengenai kesehatan dari para orangtua yang sudah dipercaya sejak dulu, bukan berarti semuanya didasari oleh bukti ilmiah.

Ini dia beberapa mitos kesehatan yang ternyata tidak sepenuhnya benar:

1. Makanan Pedas Membuat Maag

BACA JUGA:Wow, Ini 4 Shio yang Karirnya Melejit Sukses di Bulan November 2023

BACA JUGA:Bawaslu Tebo Turunkan Paksa APS Berbau Kampanye

Mitos ini tidak sepenuhnya benar atau salah. Hampir 2/3 dari keseluruhan penyakit lambung disebabkan oleh helicobacter pylori. Maag juga bisa dipicu dari penggunaan obat anti-inflammatory seperti aspirin, juga penggunaan tembakau dan alkohol. Makanan pedas, hanya memperparah keadaan perut yang sudah terjangkit maag.

2. Anak-Anak Penderita Asma Tidak Seharusnya Berolahraga

Aktivitas fisik seringkali membutuhkan kekuatan bernapas, oleh karena itu para orangtua dan dokter tidak menganjurkan para anak yang menderita asma untuk melakukan olahraga. Namun tidak semua kegiatan olahraga ini dapat memicu serangan asma. Aerobik ternyata bisa menambah kekuatan paru-paru dari para penderita. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ketika penderita berolahraga, mereka menjadi jarang terkena serangan asma, tidak terlalu ketergantungan dengan obat dan lebih sering hadir di sekolah. Meskipun ada olahraga yang harus dihindari seperti berlari, ada banyak olahraga lainnya yang tidak memicu EIA (Excercise-Induced Ashtma) seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, baseball, softball, voli, dan juga tenis.

3. Vegetarian Tidak Mendapatkan Cukup Protein

Hal ini tidak benar. Vegetarian dapat mendapatkan asupan protein yang cukup jika mereka memakan banyak variasi makanan seperti sayur-sayuran, kacang polong kering, kacang panjang, kacang merah, gandum utuh, kacang-kacangan, dan produk-produk yang terbuat dari kedelai. Jika anda vegetarian maupun vegan, Anda bisa berkonsultasi pada ahli nutrisi tentang menu diet anda agar asupan kalsium, zat besi, vitamin B12, dan D anda tercukupi.

4. Coklat dan Gorengan Membuat Kulit Berjerawat

BACA JUGA:Dihantam Derasnya Air Sungai Batang Merangin, Tebing Penahan Jalan Desa Biuku Tanjung Nyaris Putus

BACA JUGA:Kasus Penggelapan Dana Nasabah di Batanghari, Kejari Batanghari Limpahkan Berkas ke Pengadilan Tipikor

Jerawat terbentuk saat kelenjar minyak dibawah lapisan kulit memproduksi terlalu banyak minyak yang disebut dengan sebum. Sebum sebenarnya berfungsi untuk membuat kulit tetap lembab dan tidak kering, namun ketika sebum dan sel kulit mati menghalangi pori-pori, area kulit tersebut akan menjadi iritasi, bengkak, dan memerah. Kelenjar tersebut memproduksi minyak berlebih karena dipengaruhi oleh hormon. Karena itulah remaja lebih banyak mengalami masalah kulit ini. Stress dan keturunan juga salah satu faktor, namun coklat dan gorengan bukanlah penyebabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: