Pemkab Muaro Jambi Bakal Gelar Kenduri Swarnabhumi

Pemkab Muaro Jambi Bakal Gelar Kenduri Swarnabhumi

PJ Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menegaskan, akan menandatangani pengajuan Suak Kandis menjadi cagar budaya hari ini juga.-Foto : Junaidi-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi bakal menggelar kegiatan Kenduri Swarnabhumi tahun 2023.

 Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. 

Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyampaikan, kegiatan Kenduri Swarnabhumi merupakan kegiatan pemajuan kebudayaan sebagai wujud ikhtiar bersama untuk lebih sinergis lagi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai batanghari. 

" Melalui pendekatan budaya dan sejarah, bahwa keberadaan sungai batanghari mengandung peradaban panjang yang sarat dengan berbagai kearifan," kata Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah.

BACA JUGA:Pagi ini, Wilayah Kerinci Diselimuti Kabut Asap, Ada Apa Ya??

BACA JUGA:Pencarian Benda Purbakala di Sungai Batanghari Muaro Jambi Makin Memprihatinkan, Ratusan Kapal Beroperasi

Bachyuni Deliansyah mengatakan, kegiatan ini berkaitan dengan manfaat sungai yang sangat penting dalam kehidupan manusia, juga terhadap flora dan fauna didalamnya dan ekosistem di sekitar aliran Sungai Batanghari. 

" Narasi yang diusung ialah, menghubungkan kembali hubungan masyarakat dengan sungai atau peradaban akuatik. Kenduri Swarnabhumi di Kabupaten Muaro Jambi ini mengangkat tema Bebiduk Besamo," katanya. 

Bachyuni Deliansyah menjelaskan, secara filosofis di masyarakat Bebiduk Besamo ini memiliki arti sebagai sebuah penopang hidup dalam konteks sungai. Ia menyebut Bebiduk Besamo ini, merupakan sebuah konsep festival yang menghubungkan peradaban hulu menuju ke arah hilir. 

" Jika dihubungkan dengan narasi peradaban akuatik, Bebiduk Besamo ini mengangkat isi pencemaran lingkungan khususnya di sungai batanghari. Apabila, dihulu mengalami kerusakan atau pencemaran maka di hilir yang akan merasakan dampaknya," jelasnya. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kebakaran Rumah dan Bedeng di Lorong Kurnia Bangko

BACA JUGA:Tak Hanya Bantu Sekolah, PetroChina Bangko Juga Serahkan Bantuan Alat Pertanian untuk Masyarakat Sarolangun

Pj Bupati Muaro Jambi mengatakan, Bebiduk Besamo ini nantinya akan diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 02 sampai 03 Agustus mendatang.

Di hari pertama nantinya  akan ada kegiatan ekspedisi batanghari yang bakal diadakan di Desa Muaro Pijoan Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: