7 Ciri-ciri Calon Penghuni Surga Firdaus, Apakah Kamu Termasuk? Nomor 1 Sebenarnya Sulit..

7 Ciri-ciri Calon Penghuni Surga Firdaus, Apakah Kamu Termasuk? Nomor 1 Sebenarnya Sulit..

Ilustrasi: 7 ciri-ciri calon penghuni surga Firdaus-pixabay/jambi-independent.co.id-Pixabay.com

Seperti yang dijelaskan dari Anas bin Malik ra, Nabi Muhammad saw bersabda:

“Firdaus adalah surga yang paling tinggi, yang paling bagus, dan yang paling afdal atau utama.” (HR. Turmudzi dan Al-Albani).

BACA JUGA:Kisah Seorang Hamba yang Masuk Surga Meski Tak Pernah Salat, Ini Amalan yang Dijalaninya..

BACA JUGA:Wajib Tahu Sebelum Pinjam, Ini 5 Cara Mengetahui Pinjaman Online Legal atau Ilegal, Jangan Terjebak...

Nama Firdaus berasal dari firdaws. Selain itu juga berasal dari pinjaman kata bahasa Persia kuno yang artinya taman yang dikelilingi oleh dinding. 

Surga Firdaus sendiri terbuat dari perak dengan warna hijau tua, memiliki dua buah mata air yang memancar, dan ada berbagai macam buah-buahan yang tersedia.

Berikut adalah salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi mengenai surga Firdaus:

Artinya: “ Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: " Di surga ada seratus tingkat, jarak antara masing-masing tingkat seperti antara bumi dan langit dan Firdaus adalah surga tertinggi, darinya empat sungai surga memancar, di atasnya 'arsy, bila kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus." Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun telah menceritakan kepada kami Hammam dari Zaid bin Aslam sepertinya.”

BACA JUGA:Alamak! Pendiri Ponpes Al Zaytun Indramayu Larang Santri Salat Pakai Sarung, Harus Pakai Jas Seperti Kristiani

BACA JUGA:TENG! Harga BBM Pertamina Turun, Segini Harga Pertalite-Pertamax, Cek SPBU Sekarang

Untuk menjadi bagian dari manusia yang menghuni surga Firdaus, Allah SWT menjelaskan ciri-ciri penghuninya seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Mukminun ayat 1 hingga 11 berikut ini:

Artinya:

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barang siapa yang mencari di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara salatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Mukminun: 1 - 11)

Berikut ini golongan manusia yang termasuk sebagai penghuni surga Firdaus: 

1. Orang yang Khusyuk Sholat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rbtvcamkoha.com