Tambah Cuan, Ini Ide Usaha Sampingan untuk Pengawai Swasta dan ASN, Bisa Part Time

Tambah Cuan, Ini Ide Usaha Sampingan untuk Pengawai Swasta dan ASN, Bisa Part Time

Ide usaha sampingan untuk pegawai swasta dan ASN-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini ide usaha sampingan untuk pegawai swasta dan ASN. Bisa part time dan tambah cuan.
 
Anda yang sudah berstatus sebagai pekerja baik sebagai pegawai swasta maupun ASN, ternyata masih bisa loh jika ingin membuat usaha sampingan.
 
Selain usaha ini tidak mengganggu pekerjaan utama Anda, pekerjaan ini bisa dilakukan secara part time dan tentunya bisa menambah cuan Anda. Pundi pundi rupiah akan semakin banyak tentunya.
 
Selian itu, memiliki pekerjaan atau usaha sampingan tentunya tidak dilarang perusahaan ataupun pemerintah. Sebab, tidak sedikit ASN memiliki usaha sampingan. 
 
Selain memang dibenarkan menurut undang-undang, para ASN juga masih bisa menyisihkan waktunya untuk mengelola bisnis sendiri.
 
 
 
Nah, apa saja ide usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh ASN atau pegawai swasta? Berikut rinciannya yang bisa jadi pilihan Anda :
 
1. Toko Buku Online
 
Sama halnya dengan berjualan di e-commerce, berjualan buku bisa menjadi salah satu alternatif bagi PNS untuk memiliki bisnis sampingan. Seorang PNS guru dapat menjual buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan.
 
2. Bisnis Katering
 
Bisnis ini memang membutuhkan modal, tetapi jika memiliki hobi memasak tentu tidak akan terasa berat. Bisnis sampingan ini bisa dimulai dari menawarkannya kepada rekan kerja. 
 
3. Menjadi MC 
 
Meski lebih sering bekerja di kantor, tidak menutup kemungkinan seorang PNS memiliki bakat public speaking yang baik. Bakat ini dapat dimanfaatkan untuk menjadi MC acara pernikahan maupun ulang tahun. 
 
Jasa menjadi MC juga tidak perlu mengeluarkan modal besar dan dapat dilakukan saat hari libur.
 
 
 
4. Jualan Paket Data, Pulsa dan Tagihan
 
Manfaatkan peluang besar di era internet ini dengan berjualan pulsa dan paket data karena setiap orang membutuhkannya. Keuntungan bisa bertambah besar jika sekaligus membuka jasa bayar tagihan bulanan, seperti listrik, internet, hingga pdam.
 
Bila tidak memiliki tempat untuk membuka konter, seorang PNS tetap bisa berbisnis secara online. Misalnya, dengan memasang promosi di media sosial atau menawarkan kepada teman satu kantor.
 
5. Freelance
 
Ada banyak peluang bisnis dalam dunia freelance, misalnya menawarkan jasa tulisan, desain grafis, maupun mengedit video. Seorang PNS dapat menyalurkan bakatnya dengan membuka jasa freelance. Alih-alih mengeluarkan uang, freelancer justru akan mendapat keuntungan besar.
 
6. Jualan Online
 
Tidak ada salahnya seorang PNS berjualan di e-commerce. Bahkan, tidak jarang PNS mempromosikan dagangannya ke rekan-rekan kerja. Selain untung, cara ini juga bisa menjadi cara untuk membangun relasi dengan orang lain.
 
 
 
7.  Ciptakan Kerajinan
 
Berkreasi yang dimaksud adalah membuat suatu produk dari hasil kreativitas sendiri, seperti tas dari rotan, sweater, hiasan dinding, atau apapun yang bisa dijual kembali secara online maupun toko sendiri.
 
Tidak jarang seorang PNS menghabiskan waktu libur mereka untuk membuat kerajinan tangan. Selain produktif, bisnis ini juga sangat menghasilkan.
 
8. Reseller Buku Deepublish
 
Menjadi reseller buku tidak menyita banyak waktu dan dapat dijalankan saat waktu luang. Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal besar. Bahkan, dapat dilakukan hanya menggunakan gadget.
 
Mengapa menjadi reseller buku ini sangat disarankan untuk para PNS? Ada beberapa hal yang sangat berhubungan nih.
 
Pertama, PNS memiliki pertemanan yang luas sehingga bisa menyarankan temannya yang memiliki anak untuk membeli buku untuk pendidikan yang lebih baik.
 
 
 
Kedua, pekerjaan reseller ini bisa dilakukan secara online dan tidak harus setiap saat online. Bisa dikerjakan setiap pulang kerja sampai malam hari.
 
Ketiga, sistem DROPSHIP. Artinya, kita tidak perlu pusing memikirkan stok dan juga semua packing serta pengiriman sudah diurus oleh Deepublish.
 
Keempat, Margin Keuntungan Besar. Fleksibel dan keuntungan besar. Bermanfaat lagi karena menyebarkan ilmu untuk orang lain dengan jualan buku pasti berkah. Berapa keuntungan per bulan yang bisa dicapai? Perhitungannya bisa Kalian cek di Open Reseller Buku.
 
Kelima, Produk Punya Niche Market. Artinya, pasar yang spesifik memudahkan kita untuk mencari pelanggan, pembeli dan pastinya daya belinya tinggi (pasti laku). Sebab, produk buku Deepublish ada 10.000 lebih, bisa kamu pilih buku-buku yang sesuai dengan bidangmu.
 
Keenam, Banyak Keuntungan Lain. Silakan cek saja pada halaman khususnya pada Reseller Buku Deepublish.
 
 
 
9. Guru Online atau Les Privat
 
Ini adalah bisnis paling umum yang dikerjakan oleh PNS. Banyak PNS membuka kursus atau les privat secara daring maupun tatap muka. Jasa ini bermodal kecil namun sangat menghasilkan.
 
10. Mendaftar Afiliasi
 
Menjamurnya e-commerce di Indonesia ternyata membuka banyak peluang pekerjaan sampingan, salah satunya menjadi afiliasi atau affiliate e-commerce tersebut.
 
Bagi PNS yang sering bermain media sosial dan memiliki banyak pengikut, program afiliasi merupakan pekerjaan yang cocok. Mendaftar afiliasi juga tidak mengeluarkan modal sama sekali, hanya membutuhkan keterampilan dalam mempromosikan dagangan orang lain di media sosial.
 
Ada banyak e-commerce yang membuka program afiliasi, seperti Shopee, Lazada, hingga Tokopedia. *
 
 
 
Artikel ini juga tayang di rbtv.com
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rbtvcamkoha.com