Siswa SD di Papua Jadi Warga Kehormatan TNI, Viral di Medsos karena Beri Hormat Pada Rombongan Presiden

Siswa SD di Papua Jadi Warga Kehormatan TNI, Viral di Medsos karena Beri Hormat Pada Rombongan Presiden

Siswa SD di Papua menjadi warga kehormatan TNI -Foto : tangkapan layar-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Siswa SD di Papua jadi warga kehormatan TNI. Viral di Medsos karena beri hormat pada rombongan presiden.

Umurnya masih sangat muda. Masih duduk di bangku kelas 3 SD. Namun anak laki laki bernama Raul Fernando Yikwa sangat beruntung karena jadi warga kehormatan TNI.

Mengapa Raul bisa menjadi warga kehormatan TNI? Penyebabnya adalah Raul, siswa Yayasan Terang Kasih Bangsa, Koya Koso ini memberi hormat kepada rombongan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan di Kabupaten Keeram, Provinsi Papua, Selasa lalu 21 Maret 2023.

Fotonya saat memberi hormat pada rombongan ini viral dan tersebar di media sosial.

BACA JUGA:Rupanya Ini Alasan Polda Jambi Menghentikan Aktivitas Angkutan Batu Bara

BACA JUGA:Ketua DPRD Provinsi Jambi Safari Ramadan Perdana di Kasang Pudak

Untuk itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengangkat Raul menjadi warga kehormatan TNI.

Muhammad Saleh Mustafa mengatakan, jiwa patriotisme dan bela negara sangat diperlukan untuk dibentuk sedini mungkin, dalam rangka menjaga keberlangsungan pembangunan nasional.

“Kini Raul telah menjadi warga kehormatan TNI,” kata Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa di Kantor Kodam Cenderawasih, Papua.

Menurut Muhammad Saleh, tidak menyangka ada semangat dan jiwa tersebut ditunjukkan oleh Anak SD saat dengan tulus memberikan penghormatan kepada Jokowi kala melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Keerom dan Jayapura.

BACA JUGA:Agrowisata Baru di Rantau Rasau Tanjab Timur Sudah Datangkan Banyak Pengunjung

BACA JUGA:Anti Ribet Gak Pake Lama, Cuma Download Aplikasi Ini Saldo DANA Langsung Cair Rp50 Ribu

"Saat ini Raul Fernando Yikwa berusia 9 tahun yang merupakan Siswa Kelas 3 SD Yayasan Terang Kasih Bangsa, Jln. Sagudua Tiofun, Koya Koso,"ujarnya.

"Yang kesehariannya Raul merupakan Ketua Kelas di Sekolah di Kelasnya. Bahkan kesehariannya setelah pulang sekolah membantu orangtua di rumahnya memberikan makan ternak Babi, dan pada sore hari mengikuti latihan sepak bola Usia 12 Tahun di Kampung Holtekamp Distrik Muara Tami Kota Jayapura," ucap Saleh.

"Luar biasa semangat dan kemauannya, sejak kunjungan Ir H Joko Widodo Presiden RI kemarin Raul ingin memberikan penghormatan kepada bapak Presiden RI tanpa disuruh, dan tanpa diperintahkan oleh siapapun termasuk keluarganya," ujarnya.

Saat Raul memberikan penghormatan di tepi jalan saat Presiden melintas di wilayahnya di Koya Koso.

"Atas semangat dan jiwa patriotismenya kini Raul menjadi teladan dari anak-anak di Papua," ujar Pangdam Cenderawasih.

Sementara Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan, jiwa patriotisme dan bela negara sangat ditunjukan oleh anak asal Kabupaten Tolikara tersebut.

“Raul Fernando Yikwa, merupakan anak asli Tolikara yang lahir di Kampung Koya Koso pada 26 Oktober tahun 2013,” katanya.

Raul sendiri bersama keluarga tinggal di Koya Karang RW 03, RT 04 Kampung Koya Koso,Distrik Abepura,Kota Jayapura, Provinsi Papua.

BACA JUGA:Ada Efek Tidak Baik Jika Buka Puasa Mengkonsumsi Teh, Simak Dampaknya

BACA JUGA:Obat Alami untuk Sembuhkan Tipes, Diantaranya Pisang

Luar biasa semangat dan kemauannya, kata Herman, sejak kunjungan Presiden Joko Widodo lalu, Raul ingin memberikan penghormatan kepada bapak Presiden RI tanpa disuruh dan tanpa diperintahkan oleh siapapun termasuk keluarganya.

“Atas semangat dan jiwa patriotismenya kini Raul menjadi teladan dari anak-anak di Papua,” tegasnya.

"Penghargaan diberikan oleh Bapak Pangdam karena Raul memiliki kemauan dan keinginan kuat memberikan penghormatan kepada Presiden RI. Penghargaan tersebut juga untuk memotivasi untuk lebih giat belajar meraih cita-cita," kata Herman.

Dikatakan Herman, penghargaan ini juga untuk menjadi teladan bagi anak-anak lainnya untuk lebih eksis mengaktualisasikan jiwa bela negara dan patriotisme.

BACA JUGA:Tersangka Mario Dandy Dilaporkan oleh Mantan Pacarnya atas Dugaa Kasus Pencemaran Nama Baik

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mulai Hari Ini, Ditlantas Polda Jambi Stop Aktivitas Angkutan Batu Bara, Ini Alasannya

Warganet kemudian mengomentari aksi Raul Fernando Yikwa dengan positif.

“Calon penjaga NKRI mogÄ… kelak jd anak yang berguna bagi orang tua dan sukses serta sehat selalu ya dek,”kata akun@Dedy Riyadi.

Akun Dame Yulia mengatakan, contoh positif anak Papua ini harus di tiru oleh orang yang mengaku cinta NKRI tapi kelakuannya buat hoax nyinyir buat pertemuan yg memancing rusaknya tantanan Persatuan dan Kesatuan Indonesia.

“Contoh yang luar biasa, calor patriot senate NKRI,” kata akun @ Sugiono Pratama.

Sebelumnya, Saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan Kabupaten Keeram, Provinsi Papua, Selasa lalu 21 Maret 2023.

Seorang bocah asal Papua berseragam lengkap SD, dengan sikap tegap sempurna memberi penghormatan kepada rombongan Presiden Jokowi, tepatnya ketika iring-iringan melintasi wilayah Koya Koso, Distrik Abepura, Kota Jayapura, arah Kabupaten Keerom, Papua. "

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id