Pemerintah Kecamatan Muara Sabak Timur Minta Peran Aktif Pihak Perusahaan dalam Penanganan Karhutla

Pemerintah Kecamatan Muara Sabak Timur Minta Peran Aktif Pihak Perusahaan dalam Penanganan Karhutla

Pemerintah Kecamatan Muara Sabak Timur Minta Peran Aktif Pihak Perusahaan dalam Penanganan Karhutla-Harpandi/jambi-independent.co.id-

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menghadapi musim kemarau dengan kondisi intensitas hujan yang semakin sedikit, membuat pihak terkait di Kabupaten Tanjab Timur harus mewaspadai ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), serta ancaman kebakaran pemukiman, yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Untuk itu, unsur Forkopimcam Muara Sabak Timur mulai melakukan pengawasan di sejumlah lokasi, untuk memastikan kondisi di lapangan serta mengecek kesiapan personel dan peralatan Damkar yang tersedia.

Seperti halnya yang dilakukan di PT Erasakti Wira Forestama (EWF) yang ada di Kelurahan Muara Sabak Ulu, Kecamatan Muara Sabak Timur.

Tim dari kecamatan, Damkar kabupaten, TNI dan Polri, melakukan pengecekan kesiapan petugas dan peralatan Damkar yang ada di perusahan perkebunan sawit tersebut.

BACA JUGA:Masuk Musim Kemarau, Polsek Muara Sabak Timur Antisipasi Karhutla, Ini yang Dilakukan

BACA JUGA:Kapolsek Bungo Gelar Jumat Curhat Bersama Pedagang Pasar Atas

Camat Muara Sabak Timur M Darohim dalam wawancaranya di lokasi PT EWF mengatakan, pihak kecamatan juga meminta agar pihak perusahaan yang ada di wilayahnya bisa ikut membantu mengatasi jika sewaktu-waktu di wilayah kecamatan ini terjadi permasalahan Karhutla ataupun kasus kebakaran pemukiman.

"Untuk pihak perusahaan yang memiliki personel dan peralatan Damkar, kami meminta agar bisa ikut serta menanggulangi jika sewaktu-waktu di kecamatan ini terjadi permasalahan kebakaran," ucapnya.

Berkaca dari kejadian sebelumnya, penanganan kebakaran, baik itu Karhutla dan kebakaran pemukiman, Darohim menerangkan, butuh konsentrasi dan ketenangan dalam menghadapinya. 

Selain itu, pengecekan peralatan Damkar secara berkala juga harus terus dilakukan, agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bisa beroperasi dengan semestinya.

BACA JUGA:18 Nelayan dan Sopir Ketek Terima Bantuan pada Jumat Curhat Polda Jambi

BACA JUGA:Telkomsel Lanjutkan Upgrade Layanan 3G ke 4G/LTE di 300 Kota dan Kabupaten di Indonesia

"Pelatihan personel dan pengecekan peralatan juga harus rutin dilakukan. Sebab, dari beberapa kejadian kebakaran yang pernah terjadi di kecamatan ini, terkadang ada mesin pemadam yang sulit dioperasikan akan dibutuhkan," ujarnya.

Masih ditempat yang sama, Susilo, selaku perwakilan dari pihak PT. EWF area Kelurahan Muara Sabak Ulu, Kecamatan Muara Sabak Timur, saat diwawancarai menyebutkan, ini adalah salah satu bentuk dukungan dari pihak kecamatan, TNI dan Polri, terkait antisipasi dini terhadap musibah Karhutla di wilayah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: