Ini 5 Pesona Air Terjun Terindah di Sumatera Selatan, Dikelilingi Perbukitan Hijau

Ini 5 Pesona Air Terjun Terindah di Sumatera Selatan, Dikelilingi Perbukitan Hijau

Salah satu air terjun di Palembang-Foto : southsumatratourism.com-

Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan. Air terjun dengan ketinggian 99 meter ini bersumber dari mata air yang tidak pernah kering di celah Bukit Barisan dan turun di sungai kecil yang berat, berbatu dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Curug Tenang Bedegung terletak di desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan. Jaraknya sekitar 56 km ke arah selatan Muara Enim dan sekitar satu jam atau 210 km dari kota Palembang. Dapat dijangkau oleh semua jenis kendaraan.

BACA JUGA:IMI Jadi Penanggung Jawab Keselamatan Formula E, Bamsoet : Kita Libatkan Profesional

BACA JUGA:Unja Bangun Gedung UNIFAC, FKIK, dan Pascasarjana, Ini Progresnya

Untuk memudahkan pengunjung yang datang dari luar kabupaten, pemerintah setempat telah membangun jalan baru dari Prabumulih ke Simpang Meo sepanjang 87 km melalui kawasan hutan tanaman industri dan perkebunan kelapa sawit.

Dengan demikian jarak dari Palembang ke desa Curup Tenang Bedegung hanya sekitar 2 jam atau sekitar 177 km. Jarak ini lebih pendek daripada melalui Muara Enim yang berarti harus menempuh 239 km.

Selanjutnya, untuk mencapai air terjun ini, ada jalan setapak sepanjang 600 meter yang dibangun di tepi sungai dan jembatan yang melintasi sungai kecil.

Fasilitas arung jeram juga tersedia di kawasan wisata ini. Para pengunjung dapat menjelajahi sungai Curup Tenang Bedegung yang membutuhkan sekitar dua jam untuk menyusuri sungai.

Oleh karena itu, Anda juga dapat menemukan pemandian alami dengan air dingin segar dan dilengkapi dengan area memancing, lengkap dengan fasilitas, sehingga pengunjung memiliki lebih banyak kegiatan di daerah ini.

BACA JUGA:Main Game Dapat Saldo Dana Gratis, Yuk Simak Caranya

BACA JUGA:Makanan ini Disinyalir dapat Timbulkan Jerawat, ada Keripik Kentang

2. Curup Embun

Curup Embun merupakan air terjun dengan pancuran air tertinggi di Pagar Alam. Tinggi pancurannya mencapai 100 meter dengan volume air yang tidak terlalu besar, sehingga air yang terjun dari puncak ketinggian ketika sampai bawah akan berubah menjadi embun.

Itulah sebabnya air terjun ini disebut Curup Embun. Air dari ketinggian 100 meter tersebut kemudian mengalir dan tertampung di kolam alami yang ada di bawahnya.

Di kolam yang dipenuhi bebatuan gunung inilah para wisatawan biasa menghabiskan waktunya untuk sekadar berendam dan bermain air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com