Pembangunan Tol Betung-Tempino Sudah Dekat, Dua Bintang untuk Jambi

Pembangunan Tol Betung-Tempino Sudah Dekat, Dua Bintang untuk Jambi

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, pembangunan tol Betung-Tempino tinggal sebentar lagi. -Ilustrasi-Pixabay-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kabar baik untuk masyarakat JAMBI, proses pembangunan tol segera dimulai. Pemerintah pusat telah membuka bintang untuk segera membangun jalan tol Betung-Tempino pada awal tahun 2023 mendatang.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, dalam dua hari belakang, Lembaga Management Aset Nasional (LMAN) telah membuka dua bintang untuk Jambi dalam pembangunan tol Betung-Tempino. Menurutnya, ini adalah rambu-rabu dalam percepatan pembangunan tol.

“Dengan dibukanya dua bintang itu, artinya tanah yang sudah pembebasan lahan masyarakat sudah clear, dan sudah mau dibayarkan oleh LMAN,” kata Al Haris.

Lanjutnya, LMAN juga sudah mencairkan uang untuk pembayaran ganti untung kepada masyarakat yang lahannya akan dilewati atau dibangun tol dari Betung-Tempino.

BACA JUGA:Kepastian Pacar Brigadir J Hadiri Autopsi Ulang Besok, Ini Jawaban Kuasa Hukumnya

BACA JUGA:Kepala OPD Diwarning BKPSDMD Tanjab Timur, Jangan Lakukan Hal Ini

“Saya mendorong ini, dan saya minta juga biro perekonomian untuk menghubungi Pemda Muarojambi untuk meminta warga mengusulkan berapa ganti untung lahan tersebut,” tambahnya.

Dia menyebutkan, untuk tahun ini diselesaikan ganti untung tanah milik masyarakat tersebut. “Desember sudah selesai ganti rugi, dan sudah bisa dibangun,” singkatnya.

Diketahui sebelumnya, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Jambi Bosar Pasaribu mengatakan saat ini proses pembangunan Tol Betung ke Tempino dikebut. Kata dia, saat ini pemerintah pusat sedang menyelesaikan percepatan untuk ganti untung kepada masyarakat yang lahannya akan dilalui Tol. 

Pembayaran ganti untung ini dilakukan oleh pemerintah pusat. “Prosesnya masih di pusat untuk ganti untung, ini lah yang segera dikejar oleh pusat” kata dia.

BACA JUGA:Breaking News, 3 Orang Tewas di Lubang Jarum Penambangan Emas Ilegal di Merangin

BACA JUGA:Terungkap!! Fakta Tewasnya Kekey, Hasil Autopsi Sudah Keluar

Progres dari pembangunan ruas jalan tol Betung ke Jambi ini ada di pemerintah. Termasuk DED dan pembayarannya. “Semua masih ada di pusat untuk progres pembangunannya. Kita juga masih menunggu hasil DEDnya yang masih bisa saja berubah,” tambahnya.

Ruas Tol Betung ke Tempino Provinsi Jambi segera dimulai. Sehingga target 2024 nanti, Tol Betung ke Tempino Provinsi Jambi sudah bisa dilewati. Setelah dalam pembayaran ganti untung, kemudian dilakukan tender pekerjaan sampai dengan akhir tahun 2022 ini dan dilanjutkan pembangunan fisik di tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: