Kilang Minyak Pertamina Dumai Meledak, Ini Penjelasan Mengenai Distribusi dan Stok BBM di Sumatera

Kilang Minyak Pertamina Dumai Meledak, Ini Penjelasan Mengenai  Distribusi dan Stok BBM di Sumatera

Kilang Pertamina Dumai meledak, begini penjelasan mengenai distribusi BBM-Foto : dok-Jambi-independent.co.id

 

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kilang minyak Pertamina Dumai meledak, distribusi BBM di Sumatera dipastikan aman.

Meledaknya kilang minya Pertamina Dumai membuat masyarakat khawatir akan stok BBM terutama menjelang lebaran Idul Fitri 2023.

Terkait stok BBM, pihak Pertamina angkat bicara.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai, Agustiawan meyakinkan masyarakat bahwa stok BBM masih dalam keadaan aman. Khususnya untuk wilayah Sumatera Bagian Utara.

BACA JUGA:Sedih, Timnas U20 Resmi Dibubarkan, Ini yang Disampaikan Shin Tae Yong ke Jokowi

BACA JUGA:Spesial Hari Film Nasional, Nonton di Bioskop Cinepolis Mall Lippo Jambi Hanya Rp 25.000

"Kami pastikan juga bahwa stok BBM Nasional, khususnya wilayah Sumatera Bagian Utara, dalam keadaan aman,"ujarnya 

"Semoga proses recovery dapat berjalan baik sehingga beberapa hari ke depan kondisi operasional kilang sudah dapat berjalan optimal," kata Agustiawan dalam keterangannya, Minggu 2 Maret 2023.

Dalam peristiwa tersebut, terdapat beberapa rumah warga dan rumah ibadah, khususnya yang berdekatan dengan kilang, mengalami kerusakan minor. 

"PT KPI RU Dumai akan segera menanggulangi kerusakan yang terjadi sehingga masyarakat dapat kembali nyaman beraktifitas," ujarnya.

"PT KPI RU Dumai meminta maaf atas kejadian ini. Dan kami akan bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi di masyarakat," sambungnya.

BACA JUGA:85 Ribu Kendaraan Telah Didaftarkan dalam Program Subisidi Tepat di Lampung

BACA JUGA:Pentingnya Perhatikan Pola Makan Saat Puasa, Ini Tips Menjaga Kesehatan saat Puasa Ramadan

Agus menyampaikan, kondisi saat ini, proses investigasi penyebab insiden masih dalam proses penyelidikan. 

Adapun jumlah korban yang mendapatkan first aid karena terkena pecahan kaca bertambah dari 5 orang menjadi 9 orang pekerja di ruang operator dan semuanya sudah kembali ke rumah masing-masing setelah mendapatkan perawatan di RS Pertamina Dumai.

"Saat ini PT KPI RU Dumai sedang membentuk Tim Pemulihan/ Recovery yang melibatkan Pemerintah Daerah, Penegak Hukum, serta perwakilan masyarakat untuk mempercepat langkah pemulihan," terangnya. 

Selain itu, kata Agus, pendataan terhadap kerugian di masyarakat pun sedang dalam proses pencatatan. 

BACA JUGA:Mencekam, Kilang Minyak di Pertamina Dumai Meledak, Warga Panik, Api Berasal Dapur Kilang

BACA JUGA:BREAKING NEWS : Pria 62 Tahun Ditemukan Tewas Gantung Diri di Kebun Pinang di Tanjab Timur

"PT KPI RU Dumai juga sudah menyiagakan tim medis untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi masyarakat sekitar," sambungnya.

Sementara itu, Walikota Dumai, Paisal, SKM, MARS, yang melakukan pengecekan langsung ke lapangan mengatakan bahwa kondisi kilang sudah aman terkendali.

"Sudah dibentuk tim yang akan melakukan pendataan kerugian yang dialami masyarakat yang terdiri dari unsur perwakilan masyarakat, pemerintah, aparat penegak hukum dan Pertamina. Pertamina juga sudah menyatakan akan bertanggung jawab terhadap dampak yang timbul," pungkas Paisal.

Melansir laman resmi perusahaan, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) merupakan Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero) yang merupakan strategic holding company. 

PT KPI mengembangkan investasi dan menjalankan bisnis Pertamina terkait pengolahan minyak dan gas bumi serta bahan lainnya menjadi produk-produk bahan bakar, pelumasan, petrokimia dan farmasi yang bernilai tinggi serta pengembangan bisnis pengolahan dan petrokimia dalam rangka memenuhi kebutuhan produk olahan dan petrokimia sesuai perkembangan pasar. *

Artikel ini juga tayang di disway.id

Dengan judul stok dan Distribusi bbm di Sumatera dipastikan aman usai kilang minyak Pertamina di Dumai meledak

https://disway.id/read/693426/stok-dan-distribusi-bbm-di-sumatra-dipastikan-aman-usai-kilang-minyak-pertamina-di-dumai-meledak


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id