Proyek Jalan Sungaidedap Disorot

Proyek Jalan Sungaidedap Disorot

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KERINCI, JAMBI - Pembangunan jalan Sungaidedap menuju Pauhtinggi Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci dengan pagu dana Rp 4 miliar, diduga menggunakan material setempat. 

Informasi yang diterima koran ini, pekerjaan rekonstruksi jalan tersebut dengan menggunakan material setempat, yang berada pada kirian badan jalan tersebut.

"Jalan simpang Sungaidedap - Danautinggi sudah mulai dikerjakan. Tapi material koralnya diambil dari lokasi setempat," kata salah seorang warga yang melintas. 

Warga mengaku, tidak tahu berapa dana yang digunakan untuk pembangunan jalan tersebut. Karena tidak ada papan informasi yang terpasang.

"Dak tau kami pak berapa dananya," jelas sumber koran ini yang minta namanya tak disebutkan. 

Sumber koran ini mengaku, di lokasi proyek tersebut terlihat keberadaan alat berat excavator bekerja mengeruk dinding tebing berbatu. Ini diduga untuk dijadikan timbunan pilihan proyek paket jalan Simpang - Sungaidedap – Danautinggi, yang nilainya mencapai Rp 4 Miliar.

“Selain excavator, juga ada satu alat berat lainnya. Ada juga sejumlah dump truck di lokasi,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari LPSE, ditemukan pemenang tender jalan tersebut adalah CV Gusti Sapta, dengan pagu dana Rp 4 miliar. Namun beredar kabar, proyek tersebut dibekingi oleh pejabat di salah satu dinas di Pemkab Kerinci. 

Yalpani, PPTK proyek ketika ditanykanan hamparan material di lokasi setempat mengatakan, material yang diambil dari pembersihan bahu jalan, tidak ada dalam RAB. Artinya hamparan yang dikerjakan oleh kontraktor tidak dibayar, hanya kebijakan kontraktor saja.

"Itu tidak dihitung dalam pekerjaan. Kontraktor mau membersihkan kiri kanan jalan, supaya bagus dan dihamparkan di badan jalan. Rasanya tidak ada larangan, karena tidak dibayar," tandasnya. (sap/enn) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: