Kebiasaan yang Memicu Stres dan Cara Menghindarinya

Kebiasaan yang Memicu Stres dan Cara Menghindarinya

Pemicu Stres dan Cara Mengatasinya--Pixabay.com

 - Kurangnya Waktu Istirahat

Terus-menerus bekerja tanpa memberikan waktu istirahat yang cukup bisa memperburuk stres. Ketika tubuh dan pikiran terlalu lelah, kemampuan untuk menangani tekanan juga menurun.

BACA JUGA:7 Tanda Orang yang Memiliki Karisma dan Disukai Banyak Orang

BACA JUGA:Anggota DPR RI Syarif Fasha: Jambi Independent Banyak Berjasa untuk Saya

Kurang tidur atau istirahat menyebabkan sistem tubuh tidak berfungsi secara optimal, sehingga lebih rentan terhadap stres.

• Cara menghindari: Sisihkan waktu untuk beristirahat setiap hari. Penting untuk menjadwalkan waktu tidur yang cukup (7-8 jam per malam) dan mengambil jeda istirahat selama bekerja, agar tubuh dan pikiran dapat beristirahat sejenak.

 - Tidak Berkata “Tidak”

Sering kali, banyak orang merasa terbebani karena mereka tidak mampu menolak permintaan atau tugas tambahan, baik di tempat kerja maupun dalam hubungan sosial.

Terlalu banyak tanggung jawab yang diambil pada akhirnya akan membuat seseorang merasa kewalahan dan meningkatkan stres.

• Cara menghindari: Pelajari cara berkata “tidak” dengan sopan. Tidak semua permintaan harus diterima. Prioritaskan tanggung jawab yang penting dan jangan ragu untuk menolak tugas tambahan jika merasa sudah terlalu terbebani.

BACA JUGA:DPC PDIP Rapatkan Barisan untuk Menangkan H Abdul Rahman - H Andi Muhammad Guntur Muchtar

BACA JUGA:Hal-Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung

 - Mengkonsumsi Berita Berlebihan

Terlalu banyak membaca berita atau berselancar di media sosial, terutama yang berkaitan dengan informasi negatif, bisa menimbulkan stres.

Informasi tentang masalah sosial, bencana alam, atau berita buruk lainnya terus-menerus dapat menyebabkan kecemasan dan stres kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: