Pengguna Mobil Listrik Wajib Tahu, Ini Cara Menghemat Baterai Mobil Listrik

Pengguna Mobil Listrik Wajib Tahu, Ini Cara Menghemat Baterai Mobil Listrik

cara menghemat baterai mobil listrik-foto; ilustrasi-jambi independent

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Anda yang memiliki mobil listrik wajib untuk mengetahui beberapa hal ini. Sebab, penggunaan mobil listrik dan mobil konvestional biasa sangatlah berbeda. 

Sehingga banyak hal yang harus dikerjakan dan diperhatikan. Mulai dari cara penggunaannya hingga perawatannya.

Selain itu, bagi pengguna mobil listrik, pemahaman bagaimana cara menghemat penggunaan baterai mobil, menjadi sebuah keniscayaan. Dengan menghemat baterai, Anda bisa meminimalisir risiko kehabisan daya saat perjalanan. 

Perkiraan jarak tempuh pada mobil listrik dipengaruhi beberapa faktor, meliputi :

 1. Kebiasaan mengemudi. Mengemudi dengan kecepatan tinggi, kecenderungan untuk mempercepat dan memperlambat, atau terlalu sering berpindah gas dan rem. 

BACA JUGA:Pelantikan MPW Pemuda ICMI Provinsi Jambi, Ismail Rumadan: Harus Berkontribusi Menyelesaikan Masalah Sosial

BACA JUGA:Surip Tokoh Jujuhan Ilir Siap Menangkan Jumiwan Aguza - Maidani di Pilkada Bungo

2. Penggunaan daya tambahan. Penggunaan daya tambahan, misalnya A/C, pemanas, atau lampu juga bisa berpengaruh terhadap jarak tempuh mobil listrik.

 3. Kondisi mengemudi. 

Jika mengemudi dalam kondisi hujan kencang atau temperatur rendah, jarak tempuh dengan daya yang tersedia akan berkurang.  Perkiraan jarak tempuh juga akan berkurang ketika mengemudi pada tanjakan atau di jalan yang licin atau kasar.

jadi Mobil Listrik Tergantung pada temperatur baterai dan State of Health (SOH) atau seberapa maksimal kinerja baterai. 

Pengemudi dapat menambah jarak tempuh dengan daya yang tersedia dengan mengemudikan kendaraan mengikuti instruksi di bawah ini: 

1. Hambatan udara meningkat dengan cepat saat kendaraan listrik melaju lebih cepat. Jadi, hindari mengebut untuk meningkatkan jarak tempuh dengan daya yang tersedia dan penghematan energi listrik.

 2. Akselerasi yang cepat menghabiskan banyak energi berkendara dan deselerasi yang cepat membatasi pengereman regeneratif.  Tekan dan lepaskan pedal gas secara bertahap saat berakselerasi atau melambat untuk mempertahankan kecepatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: