Tak Hanya Enak untuk Lalapan, Daun Kemangi Juga Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan

Tak Hanya Enak untuk Lalapan, Daun Kemangi Juga Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan

Daun Kemangi Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan-ist/jambi-independent.co.id-pixabay.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -  Daun kemangi, yang dikenal secara ilmiah sebagai Ocimum basilicum, adalah tumbuhan herbal yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, Thailand, dan Vietnam. 

Tumbuhan ini sering dijumpai di dapur dan ternyata menyimpan banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Selain memberikan aroma segar pada hidangan, daun kemangi memiliki sifat antiseptik, mengandung antioksidan tinggi, dan kaya nutrisi. 

Tak hanya itu, manfaat daun kemangi juga terbukti baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan. Mari kita cari tahu apa saja manfaat daun kemangi :

BACA JUGA:Tanaman Teras Anda Cepat Mati? Ini Dia Tipsnya Agar Tetap Sehat dan Segar

BACA JUGA:International Surfing Day, Ini 10 Pantai Terbaik untuk Surfing di Indonesia

1. Melancarkan fungsi pencernaan

Daun kemangi dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit. Senyawa seperti metil eugenol dalam daun kemangi dapat merangsang produksi enzim pencernaan, yang membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih efisien dan meredakan gangguan pencernaan.

2. Meminimalisir peradangan

Senyawa dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan meredakan nyeri.

Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi efektif dalam melawan infeksi dan membantu penyembuhan luka pada sariawan dan keloid. Selain itu, daun kemangi sering dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan dan melindungi luka setelah operasi.

3. Menjaga kesehatan kulit

Daun kemangi memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya membantu produksi kolagen, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan memberikan kelembutan alami pada kulit. Mengonsumsi kemangi secara rutin memberikan nutrisi penting yang mendukung regenerasi sel kulit.

BACA JUGA:Persatuan Wanita Patra Zona 1 Serahkan Bantuan ke Lapas Perempuan Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: