Praktik Sasi oleh Perempuan Raja Ampat yang Lebih dari Menjaga Laut

Praktik Sasi oleh Perempuan Raja Ampat yang Lebih dari Menjaga Laut

Ketua Kelompok perempuan Waifuna Almina Kacili bersiap mencabut papan sasi sebagai penanda pembukaan sasi laut milik Kampung Kapatcol, Distrik Misool Barat, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Daya-ANTARA-

Kampung Kapatcol yang juga menyatu dengan perairan Raja Ampat itu seolah menjadi berkah yang membuat anak-anak di Kapatcol leluasa beraktivitas di laut, mulai dari berenang hingga menyelam menemui terumbu-terumbu karang pemikat pandangan.

BACA JUGA:Zodiak Sering Berantem Karena Cemburuan

BACA JUGA:Zodiak yang Dikenal Paling Manja

Aktivitas seperti itu pula yang membuat Yolanda mampu menyelam hingga kedalaman 19 meter.

Tahun terus berjalan hingga pada 2021, Kelompok Waifuna mengajak Yolanda untuk bergabung bersama mereka.

Dengan senang hati bersama mimpi besar yang dimilikinya terkait masa depan Waifuna, Yolanda menerima ajakan tersebut.

Ke depannya, ibu satu anak itu berharap praktik sasi di Kapatcol dapat terus hidup karena selain memberikan manfaat yang nyata bagi warga, menurut Yolanda, sasi laut juga menjadi sarana perekat persaudaraan.

Ia berpandangan bahwa tali persaudaraan di antara warga Kapatcol akan semakin erat karena mereka saling menurunkan ego untuk memastikan hasil sasi diberikan kepada warga yang paling membutuhkan.

Perlahan, saat ini Yolanda mulai membawa mimpi besarnya itu menjadi semakin nyata dengan mengajak perempuan-perempuan muda di Kapatcol ikut serta mengelola sasi.

Dia meyakini keterlibatan generasi muda akan mampu membawa tradisi sasi laut terus hidup sehingga keindahan dan kekayaan laut abadi dan tak menghilang ditelan abai manusia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: