Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Sinar Anugerah Sukses

Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Sinar Anugerah Sukses

Ilustrasi konstruksi underpass-Foto : PT SAS-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menyikapi  kondisi persoalan angkutan batubara yang belum tuntas dan semakin parah serta sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan, antara lain : 

Tingkat kemacetan yang semakin parah di lintas jalan nasional di Provinsi Jambi terutama di Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi di mana dalam kondisi normal jumlah kendaraan yang melewati jalan nasional di Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi hanya 2.900 per hari, sementara kondisi sekarang ada sekitar 4.000 per hari kendaraan truk batubara yang melewati jalan nasional tersebut.

Jumlah kecelakaan dan korban jiwa yang cukup tinggi dari tahun 2017 s.d 2023 tercatat sudah 176 jiwa yang menjadi korban.

Kondisi kelangkaan bahan bakar serta inflasi yang tinggi akibat jumlah kendaraan batubara yang melebihi kapasitas jalan, menyebabkan kemacetan sehingga transportasi barang antar daerah menjadi terhambat.

BACA JUGA:HOKI! Ini Ramalan Keuangan, Karir, dan Percintaan Shio Kerbau di Tahun 2024

BACA JUGA:Hoki Luar Biasa! Ini 3 Shio Paling Beruntung dalam Keuangan 6 Desember 2023, Termasuk Shio Kerbau

Dalam hal ini, Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan langkah-langkah penanganan yang dilakukan, salah satunya dengan mempercepat pembuatan jalan khusus batubara di Provinsi Jambi. Jalan khusus  batubara ini diyakini Gubernur  Jambi menjadi solusi kemacetan di jalanan umum Provinsi Jambi. Gubernur Jambi memaparkan ada tiga rute jalan  khusus yang disiapkan yaitu :

Rute Pertama : Kilangan Kecamatan Bajubang - Mestong - Sungai Gelam - Kumpeh Ulu- Taman Rajo, akan dikerjakan oleh investor PT. Putra Bulian Propertindo. 

Rute  Kedua menyambung dari Kecamatan Mandiangin -  Bathin XXIV - Muara Tembesi - Muara Bulian - Muara Sebo Ilir, ruas kedua ini akan digarap oleh PT. Inti Tirta (Menyusul) 

Rute Ketiga terdapat pada daerah Kecamatan Pauh - Mandiangin - Mandiangin Timur - Bajubang - Mestong - Jambi Luar Kota. Jalan khusus ruas ini akan dibangun oleh PT. Sinar Anugerah Sukses (SAS). 

BACA JUGA:Waka DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara bersama Komisi I Kunjungi Praja Asal Sarolangun dan Merangin di IPDN

BACA JUGA:Banjir di Remah Mendaluh Tanjab Barat, Puluhan Warga Mengungsi

Terkait adanya berita terkait penolakan sebagian masyarakat terhadap rencana pelaksanaan pembangunan jalan khusus batubara dari Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun dan pembangunan TUKS PT. SAS seluas 70 Hektar di Kelurahan Penyengat Rendah Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, dapat disampaikan informasi terkait  PT. SAS antara lain : 

A. Fakta Administrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: