Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Sinar Anugerah Sukses

Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Sinar Anugerah Sukses

Ilustrasi konstruksi underpass-Foto : PT SAS-Jambi-independent.co.id

 BACA JUGA:Harga dan Spesifikasi Apple Watch Series 9 Terbaru 2023, Layar Sudah Retina LTPO OLED

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Nokia Harga Rp 1 Jutaan Periode Desember 2023

Pada saat ini terkait dengan penyelesaian pembangunan stockpile atau Terminal Umum Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS)  yang bermasalah dengan warga di Aur Kenali, Kota Jambi.  Pihak PT SAS telah menyampaikan bahwa  pada tanggal 11 September 2023 telah mengadakan pertemuan silahturahmi dengan para RT di kelurahan Aur Kenali, dan mensosialisasikan kepada masyarakat serta ketua RT setempat terkait pembangunan stockfile dan pembangunan TUKS kepada ketua RT serta masyarakat kelurahan Aur kenali,  dengan kesimpulan masyarakat yang diwakili oleh ketua RT setempat setuju dan mendukung pembangunan TUKS dari PT SAS.

Penyelesaian Jalan khusus Batubara ini merupakan permasalahan seluruh masyarakat jambi, Gubernur berharap agar dapat diselesaikan secepat mungkin dan mendapat dukungan penuh dari semua pihak baik pemerintah Provinsi, Kabuapten/Kota, dan para pengusaha batubara serta masyarakat. 

E. Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT. SAS.

Lokasi TUKS terhadap sempadan sungai adalah tidak terdapat jarak, karena letak TUKS berada pada sempadan sungai Batanghari. Lahan untuk TUKS ada sekitar 70 ha, selain itu juga untuk pembebasan lahan saat ini sudah selesai, saat ini sedang dilakukan proses legalitas hak di notaris.

Sedangkan untuk kondisi lahan TUKS sendiri saat itu masih berupa kebun kelapa sawit, kebun karet, kebun tanaman semusim dan semak belukar, jarak terdekat lokasi TUKS berdekatan dengan pemukiman kurang lebih 500 meter  yaitu RT 12 kelurahan Penyengat Rendah. 

PT SAS melakukan sosialisasi terkait akan pembangunan TUKS akan disampaikan langsung kepada warga setempat yaitu RT 12, Kelurahan Penyengat Rendah, serta izin dari warga setempat akan disesuaikan dengan aturan local atau kearifan lokal yang berlaku.   

 BACA JUGA:Jangan Langsung ke Dokter, Ini 7 Tips Obati Gejala Ambeien Secara Mandiri

BACA JUGA:10 Tips Turunkan Asam Lambung Tanpa Perlu Minum Obat

PT SAS akan memberikan fasilitas didalam TUKS  berupa : bangunan dermaga, conveyor, stockpile, kantor, gudang, TPS limbah B3, poliklinik, satlingpond, drainase, pos security, area parkir, sarana olah raga, mushola, mess  karyawan, serta rumah ganset. Selama dilakukan pembangunan  fasilitas TUKS perusahaan akan memperhatikan KDB dan KLB, yang besarannya akan mengikuti ketentuan yang tertuang dalam perda Jambi nomor 4 tahun 2012 tentang retribusi perizinan. Sedangkan untuk uraian fasilitas TUKS akan dibangun antaranya adalah dermaga yang mana dermaga ini sendiri adalah untuk bangunan Pelabuhan yang digunakan untuk merapat dan menambatkan kapal/tongkang yang akan melakukan bongkar muat  barang dan tempat naik turunnya penumpang. 

Untuk dermaga ini sendiri memiliki dua tipe yaitu wharf atau quai  dan jetty atau pier,dan untuk derma PT SAS akan membangun tipe dermaga yang akan dibangun adalah tipe Wharf.  Berikut perincian lahan TUKS seluas 70 ha dapat dilihat pada table berikut :

No.

Fasilitas TUKS

Dimensi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: