Awas, Jangan Nunggak Pinjol dan Paylater, Bisa Sulit Dapatkan Pekerjaan Loh..

Awas, Jangan Nunggak Pinjol dan Paylater, Bisa Sulit Dapatkan Pekerjaan Loh..

Nunggak bayar pinjol bisa sulit dapatkan pekerjaan -Foto : ilustrasi-Freepik.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Anda yang kerap menggunakan Pinjol atau Paylater harap berhati hati ya...Apalagi jika Anda menunggak membayar Pinjol ataupun Paylater tersebut.

Hal ini akan berpengaruh ke depannya. Baik dalam hal BI checking bahkan hingga berpengaruh terhadap mencari pekerjaan. Yap, jika nama Anda terdaftar menunggak membayar pinjol ataupun Paylater,maka akan kesulitan dalam mencari pekerjaan. Loh. Kok bisa y?

Hal ini disampaikan langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengingatkan anak muda yang menunggak tagihan pinjol dan paylater bisa sulit dapat kerja. 

Hal ini karen keterlambatan bayar akan tercatat pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK atau dulu dikenal dengan istilah BI Checking.

BACA JUGA:Miliki Aura Positif, Ini 3 Pasangan Shio Saling Melengkapi dan Serasi, Rumah Tangga Harmonis, Rezeki Melimpah

BACA JUGA:Orang Muda Ganjar Tingkatkan Dukungan Pelajar di Jambi Lewat Turnamen Futsal

"Kami juga kasih tahu anak-anak muda dalam berperilaku di sektor keuangan karena di paylater kalau macet akan masuk di SLIK saat daftar kerja susah, ajuin KPR susah," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi.

Perempuan yang kerap disapa Kiki ini mengingatkan untuk bijak dalam menggunakan layanan pinjol dan paylater. Terlebih, dampaknya jangka panjang.

Selain itu, Kiki juga wanti-wanti tidak menggunakan layanan pinjol-paylater untuk memenuhi kebutuhan konsumtif atau gaya hidup. Hal itu rentan membuat anak muda terjebak pinjol.

"Muncul fenomena yang tidak bijaksana, misalnya untuk lifestyle. Kita banyak sekali melihat untuk gaya hidup untuk bisa eksis di sosmed, biar enggak FOMO, ada yang YOLO, anak-anak muda sekarang. Ini kemudian banyak yang terjebak seperti ini. Belum lagi kehadiran yang pinjol ilegal," ujarnya.

BACA JUGA:Arti Mimpi Melihat Gunung Meletus, Ada Kaitannya dengan Masalah

BACA JUGA:Kini Muncul Pinpri, Sama-sama Bahaya seperti Pinjol

Pihaknya juga gencar melakukan edukasi kepada anak muda terkait pinjol agar penggunaannya tidak berdampak negatif. Apalagi, banyak korban dari pinjol ilegal.

"Pinjol saya selalu bilang ibarat, apapun jika menggunakan positif, ya positif, kalau negatif ya negatif. Contoh pisau kalau kita ambil pisau ibu kita kan dicari karena ibu kita perlu kupas kupas. Tapi kalau dipakai enggak bener bisa mencelakakan," terangnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: