Pelajar SD Hingga SMA di Tanjung Jabung Barat Belajar Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital

Pelajar SD Hingga SMA di Tanjung Jabung Barat Belajar Pendidikan Karakter Gen Z di Era Digital

Nontn bareng literasi digital di Jambi-ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) kembali menggelar program literasi digital nasional sektor pendidikan wilayah Sumatera.

Kegiatan ini digelar bagi siswa/siswi SD, SMP, hingga SMA di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Kegiatan secara nonton bareng (nobar) ini mengangkat tema “Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital” dan akan digelar pada Kamis 24 Agustus 2023 pukul 09.00-11.00 WIB.

Program literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bertujuan untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

BACA JUGA:Legenda Rawa Pening, Ada Naga Penunggu Danau di Semarang?

BACA JUGA:Mitos atau Fakta, Makan Kangkung Bisa Membuat Ngantuk?

Kegiatan digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman, yaitu dengan menyuguhkan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya, dan di mana 191,4 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Namun, penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat. 

Hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada pada angka 3,54 poin dari skala 1-5.

BACA JUGA:Ini Kehebatan Senjata yang Digunakan Teroris DE Karyawan PT KAI, Senapan FNC, Kerap Digunakan Tentara Swedia

BACA JUGA:Legenda Banyuwangi, Sebuah Kisah Cinta dan Kesetiaan

Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: