Hewan Kurban dari Luar Daerah Harus Dikarantina, Pelabuhan Roro Kualatungkal Periksa Ketat Hewan yang Tiba

Hewan Kurban dari Luar Daerah Harus Dikarantina, Pelabuhan Roro Kualatungkal Periksa Ketat Hewan yang Tiba

Hewan kurban yang baru datang langsung dikarantina-Foto ; Khairul Umam-Jambi-independent.co.id

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Hewan Kurban dari luar daerah harus dikarantina. Saat ini, Pelabuhan Roro Kualatingkal periksa ketat hewan yang baru tiba.

Hewan kurban jenis sapi dan kambing dari Lampung tujuan Batam yang melintas di pelabuhan penyeberangan Roro Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjab Barat) saat ini dilakukan pemeriksaan secara ketat.

Hampir setiap tahunnya, Pelabuhan Penyebrangan Roro Kualatungkal mengalami lonjakan kendaraan truk angkutan hewan kurban.

Seperti yang diungkapkan Abdi Iskandar Muda Siregar koordinator Pelabuhan Penyebrangan Roro Kualatungkal mengatakan bahwa hewan kurban yang melalui Pelabuhan Roro Kualatungkal merupakan hewan dari Lampung menuju kota Batam.

BACA JUGA:TENG! Pj Bupati Tebo Aspan Lantik 27 Pejabat Eselon III dan VI, Ini Nama-namanya

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Soal Bongkar Kabinetnya, Ini Penjelasan Pj Bupati Tebo Aspan

Abdi menyebut hewan yang datang tersebut nantinya dilakukan karantina terlebih dahulu. Hal ini untuk  memastikan kondisi hewan dalam keadaan sehat hingga mendapatkan surat bebas karantina dari wilayah asal hewan ternak.

"Untuk hewan yang datang dari Lampung harus ada keterangan karantina hewan.  Nanti surat  karantina dari asal hewan diteruskan ke karantina disini,"ujarnya 

"Selanjutnya disini akan mengeluarkan surat karantina lanjutan dan juga dilakukan pengecekan pemeriksaan kembali pada hewan juga dilakukan penyemprotan pada hewan," jelasnya, senin, 12 Juni 2023.

"Nanti dari surat karantina lanjutan yang kita keluarkan akan di teruskan lagi ke karantina Batam," tambahnya.

BACA JUGA:Kisruh di Unbari Jambi Berlanjut, 18 Dosen Tak Terima Gaji Sejak Maret, Ini Nama-namanya

BACA JUGA:Bayi di Samarinda Positif Narkoba Usai Diberi Minum dari Botol Bekas Narkoba, Satu Orang Ditetapkan Tersangka

Lebih lanjut, ia menjelaskan semua hewan yang masuk dan keluar dari kota Kualatungkal dilakukan pengecekan dengan ketat untuk memastikan keamanan hewan.

"Semua hewan yang menyebrang di pelabuhan penyebrangan Roro Kuala Tungkal memang di periksa dengan sangat ketat di pusat karantina hewan, jadi baik yang masuk dan keluar di pastikan semua aman," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: