Sehat Selama Menjalankan Ibadah, Ini Tips Menjaga Kesehatan bagi Jemaah Haji

Sehat Selama Menjalankan Ibadah, Ini Tips Menjaga Kesehatan bagi Jemaah Haji

Mana yang didahulukan, naik haji atau bayar utang.-ist/jambi-independent.co.id-Kemenag RI-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Musim haji sudah datang. Calon Jamaah Haji (CJH) dari seluruh penjuru dunia khususnya Indonesia sudah mulai bersiap berangkat. Bahkan, beberapa diantara CJH sudah berangkat dan sudah tiba di tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Nah, sebelum melaksanakan ibadah haji, para jamaah harus benar benar menjaga kesehatan mereka. Sebab, ada banyak jadwal ibadah yang harus dilakukan baik Sunnah maupun wajib yang sudah menanti untuk dilaksanakan.

Tidak sedikit kasus dimana jamaah haji yang mengalami sakit di tanah suci. Bahkan ada juga yang sakit sebelum berangkat sehingga harus menunda keberangkatan haji.

Nah, sebelum Anda melaksanakan ibadah haji, ikuti beberapa tips menjaga kesehatan bagi jamaah haji selama melaksanakan ibadah haji :

BACA JUGA:Loker BUMN 2023, PT Kereta API Indonesia Buka Lowongan untuk Tamatan SMA hingga S1, Yuk Buruan Daftar..

BACA JUGA:Mandiri dan Penuh Tanggung Jawab, Ini 5 Tips Mendidik Anak ala Orang Jepang, Nomor 2 Agak Ga Tega Sih..

1. Persiapkan kondisi fisik

Sebelum berangkat, pastikan Anda menjaga kondisi fisik dengan mengikuti pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan mendapatkan istirahat yang cukup. Kekuatan fisik yang baik akan membantu Anda menghadapi tantangan fisik yang mungkin timbul selama perjalanan.

2. Latihan fisik

Lakukan latihan fisik yang sesuai dengan aktivitas-aktivitas yang akan Anda lakukan selama ibadah haji, seperti berjalan jarak jauh atau mendaki bukit. Melakukan latihan fisik ini sebelum berangkat akan membantu tubuh Anda beradaptasi lebih baik saat melaksanakan ibadah haji.

3. Perhatikan pola makan

Selama ibadah haji, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi. Hindari makanan yang berat dan sulit dicerna, karena dapat membuat Anda merasa lelah. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat untuk memberikan energi yang tahan lama.

4. Lindungi diri dari penyakit

Selama berada di tempat-tempat yang padat dan berdekatan dengan banyak orang, risiko penyebaran penyakit dapat meningkat. Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menghindari kontak langsung dengan orang yang sakit, dan mengikuti imbauan kesehatan yang diberikan oleh otoritas setempat.

BACA JUGA:Ini Salah Satu Jalan Menuju Surga dengan Cepat, Lakukan Amalan Sederhana Ini, Efeknya Sangat Dahsyat

BACA JUGA:Promo Alfamarat Hari ini, Jangan Sampai Ketinggalan, Hanya 3 Hari

5. Tetap tenang dan pikiran positif

Ibadah haji adalah pengalaman yang penuh dengan tantangan fisik dan emosional. Tetaplah tenang, sabar, dan fokus pada tujuan ibadah Anda. Berdoa dan bermeditasi juga dapat membantu menjaga ketenangan pikiran dan memberikan energi positif.

Selain itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum berangkat ke ibadah haji, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan. Dokter dapat memberikan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Untuk menjaga kesehatan agar tetap prima, jemaah haji dianjurkan untuk membawa payung untuk menghindari sengatan panas saat ibadah. 

Selain itu hindari kegiatan di luar rangkaian ibadah haji, lebih baik waktu senggang dipakai untuk beristirahat. Jangan lupa untuk rajin minum air putih.

BACA JUGA:Selamat! Tenaga Kesehatan Lolos PPPK Tahun 2022 di Pemkab Sarolangun Sudah Terima SK

BACA JUGA:Bupati Bungo Berkomitmen Atasi Masalah Ketahanan Pangan di Dusun Rawan Pangan

Agar tubuh tetap dalam kondisi yang bugar dan sehat, maka para jemaah haji wajib mempersiapkan beberapa hal sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk melakukan ibadah.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh para calon atau jemaah haji saat melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, sebelum melaksanakan ibadah haji, seorang muslim harus mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan ibadah haji seperti syarat, rukun, wajib, sunnah, dan larangan-larangan ketika melaksanakan ibadah haji.

Dikutip dari Kementerian Agama, haji adalah mengunjungi atau menziarahi Baitullah (Kakbah) dengan niat beribadah kepada Allah SWT dalam waktu yang telah ditentukan dan cara-cara yang sesuai dengan syariat.

BACA JUGA:Ini Salah Satu Jalan Menuju Surga dengan Cepat, Lakukan Amalan Sederhana Ini, Efeknya Sangat Dahsyat

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mandi di Sungai Tembesi, Bocah Kelas 4 SD di Sarolangun Tenggelam

Syarat haji ada 5 yaitu:

Islam

Baligh

Aqil / berakal

Merdeka

Isti,tah (mampu)

Larangan dan Anjuran dari Kemenag

Berikut adalah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh jemaah haji agar ibadahnya berjalan lancar dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan selama di Tanah Suci. Berikut tips dan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan:

Foto kartu kamar dan ingat nama hotel. Biasanya jemaah haji yang sudah masuk dalam kategori lansia sulit mengingat sesuatu. Untuk menghindarinya jemaah haji harus mengambil foto kamar, jika perlu foto juga depan hotel.

1. Jangan Sendirian

Untuk mengurangi risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan, Kemenag menyarankan para jemaah haji untuk tidak sendirian ketika hendak pergi ke suatu tempat.

BACA JUGA:Ini Salah Satu Jalan Menuju Surga dengan Cepat, Lakukan Amalan Sederhana Ini, Efeknya Sangat Dahsyat

BACA JUGA:Perbaikan Jalan ke Kuamang Kuning, Dinas PUPR Bungo Anggarkan Rp 15 Miliar

2. Jangan Mengambil Barang Orang Lain

Bila menemukan sesuatu, jangan pernah diambil walaupun memiliki niat baik untuk mengembalikannya, biarkan saja di tempatnya. Selain itu banyak CCTV yang terpasang di Arab Saudi.

3. Jangan Merokok & Mengibarkan Spanduk

Pihak Kemenag menghimbau kepada para jemaah haji Indonesia agar tidak merokok di sembarang tempat. Selain itu dilarang mengibarkan spanduk di sembarang tempat. *

 

Artikel ini juga tayang di inforadar.com

Dengan judul tipa lengkap tetap sehat dan bugar selama ibadah haji di Tanah suci

https://inforadar.disway.id/read/650241/tips-lengkap-tetap-sehat-dan-bugar-selama-ibadah-haji-di-tanah-suci


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: inforadar.disway.id