Kadis Dinkes Provinsi Jambi, Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

Kadis Dinkes Provinsi Jambi, Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

dr.MHD.Fery Kusnadi, Sp OG--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menghimbau kepada seluruh masyarakat Provinsi Jambi dalam menjalankan Ibadah Puasa, kita harus memperhatikan gizi seimbang agar tubuh menjadi sehat.

Cinta sehat dengan Gizi seimbang  
Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Apa yang harus kita lakukan jika kita ingin tetap sehat?

1. Syukuri dan nikmati anekaragam makanan pada saat berbuka Puasa dan Pada waktu makan sahur.
Bersyukur kita bisa menjalankan ibadah puasa pada setiap hari di Bulan Ramadhan jangan lupa, bahwa nikmatnya makan ditentukan oleh kesesuaian kombinasi anekaragam (makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan) dan  bumbu, cara pengolahan, penyajian makanan yang sehat dan suasana makan yaitu cara makan yang baik adalah makan yang tidak tergesa-gesa dengan demikian makanan dapat dikunyah, dicerna dan diserap oleh tubuh lebih baik.

BACA JUGA:Asiik..! Ada Diskon Tarif Tol Trans Sumatera Selama Arus Mudik Lebaran Idul Fitri, Pulang Kampung Lebih Hemat

BACA JUGA:Kabar Gembira..! TPP ASN Batanghari Segera Cair

2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
Secara umum sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 g perorang perhari, yang terdiri dari 250 g sayur (setara dengan 21/2 porsi atau 21/2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 g buah. (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 11/2 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang). Bagi orang Indonesia dianjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 g perorang perhari bagi anak balita dan anak usia sekolah, dan 400-600 g perorang perhari bagi remaja dan orang dewasa.
Sekitar dua-pertiga dari jumlah anjuran konsumsi sayuran dan buah-buahan tersebut adalah porsi sayur.

3. Sediakan lauk pauk yang mengandung protein tinggi
Lauk pauk terdiri dari pangan sumber protein hewani dan pangan sumber protein nabati. Kelompok pangan lauk pauk sumber protein hewani meliputi daging ruminansia (daging sapi, daging kambing, daging rusa dll), daging unggas (daging ayam, daging bebek dll), ikan termasuk seafood, telur dan susu serta hasil olahnya. Kelompok Pangan lauk pauk sumber protein  nabati meliputi kacang-kacangan dan hasil olahnya seperti kedele, tahu, tempe, kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, kacang hitam, kacang tolo dan lain-lain.

Kebutuhan pangan hewani 2-4 porsi (setara dengan 70- 40 gr/2-4 potong daging sapi ukuran sedang atau 80-160 gr/2-4 potong daging ayam ukuran sedang atau 80-160 gr/2-4 potong ikan ukuran sedang) sehari dan pangan protein nabati 2-4 porsi sehari ( setara dengan 100-200 gr/ 4-8 potong tempe ukuran sedang atau 200-400 gr/ 4-8 potong tahu ukuran sedang) tergantung kelompok umur dan kondisi fisiologis (hamil, menyusui,lansia, anak, remaja, dewasa).

4. Mengonsumsi anekaragam makanan pokok
Makanan pokok adalah pangan mengandung karbohidrat yang sering dikonsumsi atau telah menjadi bagian dari budaya makan berbagai etnik di Indonesia sejak lama.Contoh pangan karbohidrat adalah beras, jagung, singkong, ubi, talas, garut, sorgum, jewawut, sagu dan produk olahannya. Makanan pokok biasanya juga terkandung antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin) dan beberapa mineral. Mineral dari makanan pokok ini biasanya mempunyai mutu biologis atau penyerapan oleh tubuh yang rendah.

BACA JUGA:KPK vs Polri, Brigjen Endar Tetap Mau Ngantor

BACA JUGA:Ramalan Karier Berdasarkan Aries, Gunakan Hari Ini Untuk Mengubah Sikap

5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak
Pentingnya konsumsi gula 50 g (4 sendok makan), natrium lebih dari 2000 mg (1sendok teh) dan lemak/minyak total 67 g (5 sendok makan) per orang per hari, jika dikosumsi lebih dari kebutuhan tersebut  akan meningkatkan risiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.
Apalagi makanan siap saji perhatikan  Informasi kandungan gula, garam dan lemak serta pesan kesehatan yang tercantum pada label pangan dan makanan.
 
6. Biasakan Sarapan (Tidak dianjurkan pada bulan Ramadhan)
Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

7. Minum air putih yang cukup dan aman pada saat berbuka sampai sahur minimal 8 gelas.
Air diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal sehingga keseimbangan air perlu dipertahankan dengan mengatur jumlah masukan air dan keluaran airyang seimbang. Persentase kadar air dalam tubuh anak lebih tinggi dibanding dalam tubuh orang dewasa. sehingga anak memerlukan lebih banyak air untuk setiap kilogram berat badannya dibandingkan dewasa gangguan terhadap keseimbangan air di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan atau penyakit, antara lain: sulit ke belakang (konstipasi), infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, gangguan ginjal akut dan obesitas.

8. Pertahankan Perilaku Bersih dan Sehat, terutama Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir
Kapan saja harus mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum berbuka dan sahur terutaama sebelum dan sesudah memegang makanan. Pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman dan bakteri berpindah dari tangan ke makanan yang akan dikonsumsi dan juga agar tubuh tidak terkena kuman.

BACA JUGA:Tak Mau di Polres Muba, Juragan Beras Ini Mohon Ditahan di Polda Sumsel Saja

BACA JUGA:Pemprov Jambi Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri RI, Sekda: Inflasi Jambi Alami Penurunan

9. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
Label adalah keterangan tentang isi, jenis, komposisi zat gizi, tanggal kadaluarsa dan keterangan penting lain yang dicantumkan pada kemasan (Depkes, 1995).

Semua keterangan yang rinci pada label makanan yang dikemas sangat membantu konsumen untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam makanan tersebut. Selain itu dapat memperkirakan bahaya yang mungkin terjadi pada konsumen yang berisiko tinggi karena punya penyakit tertentu.

10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup

Lakukan Aktivitas fisik yang ringan pada bulan Puasa adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga/energi dan pembakaran energy yang tidak berlebihan sehingga tidak menimbulkan kelelahan fisik atau mengeluarkan keringat yang berlebihan yang dapat membatalkan ibadah puasa.

Contoh Menu Gizi Seimbang:

MAKAN SAHUR : Nasi putih (dapat diganti dengan jagung, singkong, ubi, talas, garut, sorgum, jewawut, sagu), kerutup Ikan Nila, capcai sayuran, tumis tahu taoco, sambal cobek daan pisang lemak manis

BACA JUGA:Danrem 042/Gapu Hadiri Acara Syukuran HUT ke-77 Persit KCK Di Makodam II/Sriwijaya

BACA JUGA:Hermanto Resmi Dilantik sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi

BERBUKA PUASA: awali berbuka puasa dengan air putih hangat dan makan buah kurma (3 buah) dilanjutkan dengan Sholat Magrib setelah itu kosumsi makanan padat seperti nasi putih dapat diganti dengan jagung, singkong, ubi, talas, garut, sorgum, jewawut, sagu, cah kangkung, sambal tempe, ayam Goreng (dapat diganti dengan telur) dan selada buah.

Sebagai snac setelah sholat Terawih dan tadarus makanlah buah-buahan yang segar seperti papaya, mangga dan semangka.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi (dr. Samsiran) beserta Jajarannya mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga amal ibadat kita diterima-Nya, Amin.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: