Latihan EXERCISE Penanggulangan Gangguan Keamanan di Pelabuhan Talang Duku Jambi

Latihan EXERCISE Penanggulangan Gangguan Keamanan di Pelabuhan Talang Duku Jambi

Latihan EXERCISE Penanggulangan Gangguan Keamanan di Pelabuhan Talang Duku Jambi--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Bertempat pelabuhan Talang Duku Jambi,  Pelindo Regional 2 Jambi,  Senin, 6 Febuari 2023, seluruh keamanan Pelindo Regional 2 Jambi mengadakan latihan/ exercise penanggulangan gangguan keamanan  bersama Kepolisian Daerah Jambi (POLDA).

Dalam sambutan nya Ganeral Manager Pelindo Regional 2 Jambi,Ahmad Fahmi, latihan ini untuk mengantisipasi bahaya dan ancaman yang bertujuan untuk senantiasa siap dan sigap terhadap gangguan keamanan di Pelabuhan, sejalan dengan penerapan ISPS Code di Pelabuhan yang telah memperoleh sertifikat maka perlu dilakukan latihan/exercise untuk meningkatkan keamanan terhadap awak kapal yang berada di wilayah pelabuhan serta mencegah pelayaran menjadi sasaran dari terorisme.



Acara dihadiri langsung oleh perwakilan dari Anak Perusahaan serta dari kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas III Talang Duku.

Dikatakan Pelabuhan harus aman dari segala ancaman yang muncul, International Ship and Port Facility (ISPS Code) adalah amandemen SOLAS (Safety of Life at Sea) yang berfokus di sector keamanan pelabuhan atau kantor pelabuhan dan Kapal.

BACA JUGA:Terus Tingkatkan Pelayanan, RS Rapha Theresia Rayakan HUT ke 1 Tahun

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pelantikan Pejabat Pemprov Jambi Ditunda

Saat ini ada 196 Pelabuhan yang memenuhi persyaratan pelaksanaan pengamanan kapal dan fasilitas Pelabuhan/ ISPS Code di Indonesia,  termasuk Pelabuhan Talang Duku Jambi dan terhadap Pelabuhan tersebut telah diberikan Statement of Compliance of Port Facility/SoCPF pungkasnya.

Kepolisian Daerah Jambi yang diwakili oleh AKP Ebon Anthony Lingga, mengatakan dengan antisipasi terhadap permasalahan, diyakini semuanya dapat terselesaikan dengan baik melalui mekanisme yang terkoordinasi.
Para Petugas harus  lebih mengedepankankan aspek keamanan melalui peningkatan pengawasan pada pemeriksaan orang/barang/kendaraan di akses masuk dan keluar Pelabuhan,  serta berkoordinasi dengan pihak kapal dan instansi terkait.

Dengan penerapan ISPS Code yang baik, Pelabuhan akan aman serta dapat meningkatkan kepercayaan pengguna jasa di skala Nasional atau pun Internasional yang pada akhirnya dapat menurunkan biaya logistik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: