Harga BBM Semakin Mahal? Ini 6 Alternatif Energi Baru Pengganti BBM yang Bisa Digunakan

Harga BBM Semakin Mahal? Ini 6 Alternatif Energi Baru Pengganti BBM yang Bisa Digunakan

CNG sebagai salah satu alternatif pengganti BBM-Foto : dok-Jambi-independent.co.id

2. Biomassa Methane

Alternatif bahan bakar kendaraan pengganti bensin yang satu ini bisa Anda jumpai di sekitar sumber minyak bumi. Kebanyakan biomassa metana diperoleh dari fermentasi biomassa seperti pengolahan limbah makanan, sampah, lumpur limbah dan bubuk kopi atau teh. Sayangnya kuantitas metana dihasilkan tidak terlalu besar sehingga penggunaan hanya sebatas bahan bakar heater rumahan.

3. Hidrogen

Saat ini hidrogen bisa dijadikan sebagai bahan bakar kendaraan. Bahkan hasil pembakaran menjadi lebih baik dan bisa meningkatkan efisiensi mesin. Sayangnya masih dibutuhkan pengujian lebih lanjut.

Para ahli sementara mengemukakan bahwa kualitas hidrogen superior lebih baik dibandingkan bensin. Proses pembakaran, hidrogen hanya membutuhkan suhu pengapian rendah. Hal ini akan berdampak besar pada pengeluaran jumlah polutan dengan kadar yang jauh lebih sedikit.

4. Bensin Sintetis

Selanjutnya ada bensin sintetis. Mungkin Anda belum familiar dengan alternatif bahan bakar yang satu ini padahal bensin sintetis sudah ada dan diproduksi sejak 100 tahun silam. 

BACA JUGA:Catat, Deretan Sayuran ini Dilarang untuk Ibu Hamil

BACA JUGA:Siapa Dalang Pungli 12 Pegawai Dishub Kota Jambi dan Batanghari Hingga Kena OTT Polda Jambi, Ini Penjelasannya

Tepatnya diproduksi sejak tahun 1919. Bahan bakar alternatif yang satu ini sering digunakan untuk mesin tempur semasa perang Dunia II.

Yang menjadikan bahan bakar alternatif bensin sintetis istimewa karena zatnya terbuat dari suhu gas karbondioksida yang kemudian dikonversi menjadi bahan bakar cair melalui proses elektrifikasi.

Pembuatannya menggunakan listrik dan sumber terbaru dan prospeknya begitu menjanjikan.

Sayangnya, bensin sintetis yang satu ini hanya dihasilkan dalam jumlah sedikit. Tentunya hal tersebut tidak sepadan dengan prosesnya yang panjang dan biayanya besar.

BACA JUGA:Terungkap, Ini Pengakuan 9 Anggota Dishub Batanghari yang Kena OTT Polda Jambi

BACA JUGA:Ini 7 Destinasi Wisata Pilihan Untuk Libur Nataru di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkaur.co.id