Jadikan Lokasi Rekreasi, Pemkab Tebo Mulai Bersihkan Sungai di Hutan Kota

Jadikan Lokasi Rekreasi, Pemkab Tebo Mulai Bersihkan Sungai di Hutan Kota

Sungai di Hutan Kota dibersihkan untuk persiapan rekreasi -Ist/jambi-independent -

MUARATEBO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Setelah sebelumnya Pemkab Tebo mulai membangun gazebo di sekitaran Hutan Kota, kini sungai atau waduk yang terletak tepat di antara Komplek Perkantoran Bupati Tebo dan Hutan Kota juga mulai dikeruk dan dibersihkan.

Pembersihan sungai atau waduk tersebut dimaksudkan untuk memperindah hutan kota dan komplek kantor bupati. Selain itu nantinya lokasi tersebut akan difungsikan sebagai tempat rekreasi. Selain dapat menikmati pandangan dan air sungai yang bersih, nantinya disekitar sungai juga akan dibangun jogging trek agar masyarakat bisa memanfaatkannya untuk sarana olah raga.

Sungai atau waduk yang sepanjang ratusan meter tersebut kini mulai nampak bersih. Padahal sebelumnya hanya seperti rawa yang dipenuhi semak belukar. Kini sungai dengan lebar sekitar 50 meter tersebut mulai terlihat dan menyatu dengan indahnya Hutan Kota Komplek Kantor Bupati Tebo.

Kabid Pengairan Dinas PUPR Tebo, Roni saat dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk tahap awal ini hanya dilakukan pembersihan dan pembanguna Bronjong untuk menahan pinggiran sungai. Sedangkan untuk tahap selanjutnya akan dikerjakan tahun 2023 mendatang. 

BACA JUGA:CATATAN PINGGIR RAKER SMSI PUSAT 13 DESEMBER 2022 

BACA JUGA:Sungai Terpendek di Dunia Ada di Indonesia, Panjang 20 Meter dan Lebar 15 Meter, Cocok untuk Wisata Air

"Tahap awal ini hanya pembersihan dan pembangunan Bronjong saja," kata Roni.

Untuk anggarannya sendiri kata Roni, pembersihan sungai atau waduk tersebut dianggarkan dari APBD Tebo sebesar Rp 100 juta.

Sedangkan untuk bronjingnya sebesar Rp 184 juta. Pembangunan tersebut kata Roni akan selesai pada akhir Desember 2022 nanti.

Perlu diketahui bahwa Wilayah Hutan Kota yang berada dalam komplek Perkantoran Bupati Tebo atau tepatnya di samping Mesjid Yamp Km 12, Jalan Lintas Tebo-Bungo, Desa Sungai Alai, Kecamatan Tebo Tengah akan dijadikan tempat peristirahatan, rekreasi, dan arena bermain bagi masyarakat dan pengguna jalan. 

BACA JUGA:‘Raja Ampat Baru’ di Pulau Tawale Halmahera Selatan, Surga Baru Pecinta Wisata Alam di Maluku Utara 

BACA JUGA:Ibundanya Berpulang, Gubernur Jambi: Jika Ada Hutang Tolong Sampaikan Dengan Kami, Maklum Dulu Sangat Miskin

Pemkab Tebo berencana akan membangun fasilitas tempat pengguna jalan beristirahat di area Masjid Yamp di kilometer 12 Desa Sungai Alai, Kecamatan Tebo Tengah, tepatnya di sebelah komplek perkantoran Bupati Tebo tersebut.

Berbagai fasiltas akan dilengkapi seperti perlengkapan olahraga, kantin, toilet dan gazebo. Untuk itu, Pemkab Tebo juga perlu bantuan dari perusahaan yang ada di Kabupaten Tebo. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: