Sering Merasa Kesemutan? Hati-hati Ada Resiko Penyakit, Ini 7 Cara Mengatasinya

Sering Merasa Kesemutan? Hati-hati Ada Resiko Penyakit, Ini 7 Cara Mengatasinya

Ilustrasi kesemutan -pixabay-Pixabay.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, kesemutan pada bagian tubuh dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang. 

Kesemutan dalam istilah medis disebut parestesia. Umumnya, kesemutan ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa yang disertai sensasi tersusuk jarum. Parestesia sering terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, jari tangan dan kaki.

Kesemutan yang berkepanjangan secara berulang dan terus-menerus tanpa sebab yang jelas adalah pertanda gejala suatu penyakit. 

Sedangkan, penyebab kesemutan yang sementara terjadi akibat tekanan pada saraf tertentu, misalnya menindih lengan atau duduk bersila. Kesemutan jenis ini akan hilang ketika sudah tidak ada tekanan pada saraf.

BACA JUGA:Korban Bangunan 

BACA JUGA:Disebut Tak Sesuai Spek, Polda Jambi akan Selidiki Pengadaan iPad di DPRD Kota Sungaipenuh

7 Cara mengatasi kesemutan pada kaki dan tangan yang dikutip dari berbagai sumber, yakni:

1. Hilangkan tekanan   

Hilangkan tekanan pada area tubuh yang kesemutan. Pastikan tidak ada yang menghalangi aliran darah menuju bagian tubuh tersebut. Dengan mengembalikan aliran darah, kesemutan yang Anda rasakan akan menghilang dalam waktu beberapa saat. Selain itu, cobalah posisi duduk yang benar dan posisi tidur lebih nyaman. 

2. Peregangan leher dan punggung   

Peregangan pada bagian leher dan punggung membantu melancarkan peredaran darah ke tangan dan kaki. Anda dapat menggerakkan kepala Anda ke kanan dan kiri. Selain itu, rajinlah berolahraga atau menggerakan tubuh. 

3. Menggerakkan anggota badan  

Umumnya, duduk terlalu lama dengan posisi bersila dapat menyebabkan kesemutan pada kaki, Cobalah menggerakan jari-jari kaki yang kesemutan. Apabila kesemutan pada bagian jari tangan maupun tangan. Cobalah lakukan gerakan mengepal dan melepaskan genggaman tangan. Ini akan memicu aliran darah ke seluruh bagian tubuh. 

BACA JUGA:Ferdy Sambo Sebut Uang di Rekening Brigadir J Milik Dia : Untuk Keperluan Keluarga Saya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id