Jalur Kematian, Sebuah Potret Pembiaran Batu Bara Jambi

Jalur Kematian, Sebuah Potret Pembiaran Batu Bara Jambi

Dr. Noviardi Ferzi--

BACA JUGA:Siaran Langsung Sidang Ferdy Sambo Cs akan Dievaluasi, Ini Penyebabnya 

BACA JUGA:Konser 30 Tahun Dewa 19 Ditunda hingga Februari, Ini Reaksi Ahmad Dani

Data produksi itu jika menggunakan harga terendah 375 dollar per ton, bearti ada 45 triliun pertahun cuan yang mengalir, lalu jika kita memakai harga 415 dollar per ton, angka ini mencapai 49, 8 triliun. 

Relatip sama dengan menghitung dari rerata trafik angkutan di atas. Dari dua perbandingan ini saja, kita bisa menerka perputaran uang batubara Jambi. Sayangnya, Jambi mendapat proporsi yang kecil sekali dari limpahan batubara ini.

Penerimaan negara bukan pajak dari perusahaan penambangan batu bara, Provinsi Jambi mendapatkan percikan sebesar 16 persen royalti, dan 16 persen dari hasil land rent dalam setahun.

Terdapat 2 penerimaan negara bukan pajak yang harus disetorkan perusahaan tambang batu bara. Pertama dinamakan royalti, yang kedua dari land rent atau sewa lahan. Itu ditetapkan di dalam dari peraturan menteri ESDM.

BACA JUGA:Harga Pertamax Turbo Turun, Dexlite Naik, Cek Disini Update Harga BBM 17 November 2022

BACA JUGA:Ramalan Karier Berdasarkan Zodiak, Virgo, Anda Selangkah Lebih Maju Dari Orang-Orang di Sekitar Anda

Pendapatan yang dihasilkan dari perusahaan penambangan yang ada di Provinsi Jambi, misal pada data 2020 lalu kurang lebih sebanyak Rp 353 Miliar.

Nah pendapatan bukan pajak itu dibagi lagi, yakni 20 persen untuk pemerintah pusat, 16 persen untuk provinsi, 32 persen untuk daerah penghasil, kemudian 32 persen untuk kabupaten atau kota sekitar.

Kemudian untuk land rent, 20 persen untuk pusat 16 persen provinsi, 64 untuk daerah penghasil. Itu langsung ditransfer ke dana bagi hasil, namanya penerimaan negara bukan pajak.

Jika dihitung dari pembagian pendapatan ini, Pemerintah Provinsi Jambi menerima hasil tambang batu bara sebesar kurang lebih Rp 50 Miliar per tahun. Kecil sekali, bahkan tergolong tak berbanding dengan biaya perawatan jalan yang rusak. Apalagi kerugian lain di aspek sosial.

BACA JUGA:Kisah Cinta Zodiak Kamu, 17 November 2022, Aquarius, Bersikaplah Lebih Lembut Terhadap Minat Cinta Anda

BACA JUGA:Zodiak Kamu, 17 November 2022, Cancer, Emosi Anda Kuat, dan Anda Merasa Baik

Di samping itu, masih ada pendapatan dari pajak. Untuk pajak seperti PBB, kendaraan bermotor, dan pajak-pajak lain itu langsung ke pemerintah daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: