Tidak Ada Isolasi Bagi Jemaah Haji Indonesia, Wamenag Minta Deteksi Dini Penyakit Bawaan

Tidak Ada Isolasi Bagi Jemaah Haji Indonesia, Wamenag Minta Deteksi Dini Penyakit Bawaan

Wamenag mengatakan tak ada isolasi bagi jemaah haji Indonesia.-dok/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.IDJemaah haji Indonesia sudah mulai kembali ke tanah air. Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi menegaskan, tak ada isolasi bagi Jemaah haji Indonesia yang pulang ke tanah air.

Meski demikian, dia berpesan agar jemaah untuk selalu berhati-hati dalam menjaga kesehatannya. “Tidak ada kegiatan yang namanya isolasi, tapi dikembalikan ke jemaah agar lebih hati-hati. Tetap menjaga kesehatannya,” kata Zainut jelang kepulangan ke Tanah Air di Jeddah, Kamis 21 Juli 2022.

Wamenag menjadi salah satu Naib Amirul Hajj pada penyelenggaraan haji tahun ini. Dia meminta agar para jemaah memperhatikan penyakit bawaan atau penyakit yang selama ini menjadi keluhan mereka. 

“Di Indonesia nanti tentunya jemaah diharapkan melakukan deteksi dini atas segala penyakit yang dibawa,” kata Wamenag.

BACA JUGA:Jelang Autopsi Ulang, Makam Brigadir Yosua Dipasangi Lampu Hingga Dijaga Ketat

BACA JUGA:Dua Pekan Meninggalnya Brigadir Yoshua, Kerabat Masih Terus Kunjungi Rumah Duka

Secara umum Wamenag menilai bahwa seluruh rangkaian ibadah haji tahu 2022 berjalan dengan baik. Saat ini, para jemaah haji memasuki dua kegiatan utama.

Pertama, lanjut Pria kelahiran kota ukir ini, persiapan kembali ke Indonesia bagi gelombang pertama melalui Jeddah. Selanjutnya gelombang dua hari ini menuju ke Madinah 

“Tentunya kami berharap para jemaah tetap menjaga kesehatannya, tetap memperhatikan kegiatan-kegiatan ibadahnya  dengan baik agar ibadahnya semua selamat dan kembali ke air dalam kondisi yang sehat wal afiat dan mendapatkan haji yang mambrur,” pungkas Wamenag, seperti dikutip dari kemenag.go.id.

Sebelumnya, Wakabid Kesehatan 1 PPIH Asrama Haji Embarkasi Surabaya Acub Zaenal mengatakan, ada sembilan orang haji yang memiliki gejala Covid-19 dan perlu swab PCR untuk mencegah masuknya Covid-19. 

BACA JUGA:Bawa 27 Penumpang Hendak Kondangan, Mobil Kecelakaan Masuk Jurang di Brebes

BACA JUGA:Siswa SMP di Kota Jambi Disuruh Pulang karena Belum Vaksin, Pengamat: Tak Mendidik

Kondisi kesehatan seorang haji asal Tuban yang baru saja tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (Ahes) membutuhkan penanganan lebih lanjut ke rumah sakit.

Acub menjelaskan sembilan haji tersebut memiliki gejala batuk, demam, dan pilek. Acub mengatakan sembilan haji itu ditempatkan di ruang transit sementara sembari menunggu hasil tes usap PCR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: