MUI Heran, Usai Rendah Babi, Selamat Muncul Nasi Uduk Babi

MUI Heran, Usai Rendah Babi, Selamat Muncul Nasi Uduk Babi

--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas ikut bereaksi melihat fenomena ini. Menurut Anwar Abbas, penjualan nasi uduk daging babi ini justru merusak persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia.

Belum juga usai kabar soal rendang babi yang timbulkan pro kontra, kini nasi uduk babi di Aceh mendadak jadi perbincangan hangat di media sosial.

Dalam keterangannya, Anwar Abbas merasa heran dengan munculnya rendang babi padang dan nasi uduk babi di Aceh. Pasalnya Padang dan Aceh merupakan wilayah yang dikenal kental dengan syariat Islam.

"Saya tidak tahu apa tujuan dibalik peristiwa rendang babi padang dan nasi uduk babi aceh ini," ujar Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya pada Kamis 16 Juni 2022.

BACA JUGA:Anggaran Sudah Disiapkan, Program Kartu Prakerja Berlanjut di 2023

BACA JUGA:Bertemu Menlu India Bahas Kerjasama, Menlu RI Retno Marsudi Bahas Kasus Penghinaan Nabi

Lebih lanjut, Anwar Abbas meminta pemilik warung makan tidak memberikan nama masakan yang menyangkut dua wilayah tersebut.

"Karena semua kita sudah tahu bahwa yang namanya orang Padang dan orang Aceh tersebut adalah dua suku dan atau dua daerah yang masyarakatnya dikenal taat menjalankan ajaran agamanya yaitu Islam," sambungnya.

Dengan mengkaitkan wilayah "Padang" dan "Aceh" dengan makanan yang mengandung babi (non-halal) dapat menyinggung perasaan warga setempat.

"Untuk itu karena hal ini menyangkut masalah SARA saya meminta kepada pihak kepolisian agar bertindak tegas terhadap si pelaku," tutur Anwar Abbas.

BACA JUGA:Mendag Zulhas Bakal Hapus Minyak Goreng Curah, PKS Kritik Begini

BACA JUGA:Tito Karnavian Sebut Anggaran Kesehatan dan Pendidikan Daerah Banyak Dimark up

"Jangan biarkan masalah ini menjalar dan membesar sehingga merusak persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa karena hal demikian jelas sama-sama tidak kita inginkan," ucapnya menambahkan.

Sebelumnya, wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon memprotes adanya warung nasi padang yang menjual menu rendang babi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: