Ini Kata Pertamina Terkait Ada Wacana Penerapan Cukai BBM

Ini Kata Pertamina Terkait Ada Wacana Penerapan Cukai BBM

Pertamina buka suara terkait akan diberlakukannya cukai BBM. Foto : jpnn.com--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Pertamina akhirnya buka suara terkait adanya wacana dari pemerintah untuk menerapkan cukai bahan bakar minyak (BBM).
 
Disampaikan Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting bahwa pihaknya belum bisa berkomentar banyak terkait hal tersebut. 
 
Ini karena dikatakannya bahwa perseroan belum ikut serta membahas rencana perluasan pengenaan cukai pada BBM.
 
 
 
Kendati demikian, belum ada kepastikan kapan wacana itu akan diberlakukan.
 
"Sampai saat ini belum ada pembahasan dengan Pertamina belum mendapat koordinasi lebih lanjut,” ujar Irto, Jumat 17 Juni 2022.
 
Menurutnya, rencana perluasan cukai BBM tersebut masih dalam kajian internal otoritas keuangan.
 
“Menurut informasi yang kami dapat masih kajian internal,  penerapannya pasti akan dikoordinasikan dengan para pihak terkait,” ungkapnya.
 
 Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan pemerintah memiliki wacana menerapkan cukai pada bahan bakar minyak (BBM), ban karet, dan detergen.
 
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu mengatakan wacana tersebut masih dalam tahap pengkajian.
 
 
 
Lebih lanjut, wacana itu dilakukan karena potensi penerimaan negara dari sisi kepabeanan dan cukai masih dapat dioptimalkan melalui ekstensifikasi barang kena cukai (BKC) seperti dikutip dari jpnn.com.
 
Pasalnya, saat ini penerimaan cukai masih didominasi oleh hasil tembakau dan baru ada tiga barang yang kena cukai, yaitu hasil tembakau, MMEA, dan etil alkohol. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: