Cek, 3 Macam Buah Ini Bisa Dijadikan Camilan untuk Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Cek, 3 Macam Buah Ini Bisa Dijadikan Camilan untuk Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Ilustrasi/Foto: Pixabay-Ist-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  Buah-buahan yang diolah tanpa pemanis atau diolah seminimal mungkin adalah pilihan camilan yang sangat baik untuk menjaga kestabilan berat badan. Selain itu, buah juga mampu menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan berkat kandungan nutrisinya yang melimpah. 

Seperti dikutip dari Genpi.id Dokter Umum RS Sari Asih Karawaci Kota Tangerang, dr Fadli Ambara mengatakan buah-buahan bisa jadi alternatif camilan untuk menghindari kenaikan berat badan berlebih.

"Buah-buahan dapat menjadi alternatif camilan yang sehat karena pada beberapa buah-buahan banyak mengandung serat serta air yang sangat baik untuk kesehatan. Serat memberikan rasa kenyang sehingga kita tidak mudah merasa lapar," ujarnya di Tangerang, Jumat 13 Mei 2022.

Selain itu, Serat dan kandungan air yang terkandung dalam buah-buahan dapat memperlancar saluran pencernaan dan membantu memenuhi kebutuhan cairan dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

BACA JUGA:Krisis Susu Formula Bayi Melanda Kanada

BACA JUGA:Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Bisa Usung Airlangga Hartarto Presiden RI 2024

"Kadar gula dalam buah-buahan tidak terlalu besar sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah di dalam tubuh, yang tentu saja jika tidak dikonsumsi secara berlebihan," lanjutnya.

Sambungnya, ketika seseorang berpuasa satu bulan penuh terjadi penurunan berat badan karena tubuh banyak menggunakan cadangan energi termasuk penggunaan lemak sebagai bahan bakar.

Dengan begitu, permasalahan baru muncul pada saat Lebaran yang dihadapkan dengan jumlah makanan yang berlimpah, frekuensi dan waktu makan yang berubah.

"Hal tersebut akan merubah pola yang telah terbentuk selama melakukan puasa Ramadan dan dapat berefek kepada gangguan kesehatan serta kenaikan berat badan dalam waktu cepat," tuturnya.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Vs Filipina: Indonesia Wajib Menang

BACA JUGA:Tak Kebagian Hasil Sawit Curian, Jadi Latar Belakang Kasus Pembunuhan di Marosebo Ulu

Adapun cara lain untuk menghindari terjadi kenaikan berat badan adalah dengan menerapkan pola makan teratur tiga kali sehari disertai camilan yang sehat diantara waktu makan dengan jumlah yang tidak berlebihan dan dilaksanakan di waktu yang konsisten.

"Hindari makan terutama makan yang banyak mengandung lemak dan gula berlebih pada saat malam hari menjelang waktu tidur," jelasnya.

Adapun buah yang baik untuk dijadikan sebagai camilan seperti dikutip dari halodoc yaitu sebagai berikut:

1. Melon

Buah Melon memiliki kandungan air yang tinggi dan kadar kalori yang rendah, membuatnya sangat ramah terhadap penurunan berat badan sehingga cocok untuk camilan diet. Dalam 150-160 gram melon mereka hanya menyediakan 46-61 kalori sederhana. Meskipun rendah kalori, melon kaya akan serat, potasium, dan antioksidan, seperti vitamin C, beta-karoten, dan likopen. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan ekstra.

BACA JUGA:Tak Kebagian Hasil Sawit Curian, Jadi Latar Belakang Kasus Pembunuhan di Marosebo Ulu

BACA JUGA:Depresi dan Mau Bunuh Diri, Seorang Pria di Jambi Timur Dibawa ke Dinas Sosial

 2. Jeruk

Seperti semua buah jeruk, jeruk rendah kalori sementara tinggi vitamin C dan serat. Mereka juga sangat mengenyangkan. Faktanya, jeruk empat kali lebih mengenyangkan daripada croissant dan dua kali lebih banyak nutrisi daripada muesli bar.

3. Kiwi

Dalam satu buah kiwi hanya mengandung 44 kalori dan 2,3 gram serat. Menurut U.S. Office of Dietary Supplements, setiap buah berukuran sedang menyumbang 71 persen dari nilai vitamin C harian seseorang. Sebuah studi pada 2018 melaporkan bahwa individu dengan prediabetes yang makan dua kiwi golden setiap hari selama 12 minggu mengalami pengurangan 3 sentimeter dilingkar pinggang mereka. Mereka juga mengalami penurunan tekanan darah dan peningkatan kadar vitamin C. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: