Simak Ini Bunda, 6 Tips untuk Mengurangi Rasa Stress Saat Menjadi Ibu Baru

Simak Ini Bunda,  6 Tips untuk Mengurangi Rasa Stress Saat Menjadi Ibu Baru

Ilustrasi/Foto:Pixabay-Ist-

JAMBI-INDEPENDET.CO.ID – Belajar menjadi ibu baru memang penuh tantangan. Baik saat momen pertama kali tahu positif hamil atau memulai kehidupan yang berbeda setelah melahirkan, rasanya sangat luar biasa. Perasaan campur aduk senang, sedih, bahkan ada pertanyaan tentang apa yang seharusnya dipilih atau dilakukan.

Kita ketahui Bayi baru lahir lebih sering menangis, sering buang air, dan memiliki pola tidur yang belum teratur. Kondisi tersebut dapat memicu stres, apalagi jika Bunda juga masih mengerjakan urusan rumah tangga lainnya.

Merasa stres bukan berarti Bunda gagal dalam menjalani peran sebagai ibu. Wajar kok jika Bunda merasa stres dengan tanggung jawab yang menumpuk.

Meskipun demikian, stres sebaiknya ditangani dan tidak dibiarkan berlarut ya bun. Yuk, lakukan hal-hal berikut ini seperti yang dikutip dari laman Alodokter, agar stres Bunda berkurang:

BACA JUGA:Buka Serbuan Teritorial TNI TA 2022 di Bungo, Ini Kata Danrem 042/Gapu

BACA JUGA:Terkait Ancaman Warga Kumundebai, Anggota DPRD Ini Sebut Khawatir Terhadap Pemkot Sungaipenuh

1. Meminta bantuan orang lain

Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. Piring kotor yang menumpuk atau rumah yang berantakan mungkin membuat Bunda tidak tenang. Namun, pemulihan fisik Bunda dan menghabiskan waktu bersama Si Kecil lebih penting untuk dilakukan.

Bunda dapat meminta bantuan suami atau anggota keluarga lain dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Nenek Si Kecil dan anggota keluarga lain umumnya senang ketika dilibatkan dalam mengasuh bayi baru lahir. Manfaatkan bantuan mereka agar Bunda bisa rehat sejenak dan bersantai.

2. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Saat Si Kecil tertidur, luangkan waktu sejenak untuk me time. Normalnya, bayi baru lahir menghabiskan waktu 14–17 jam dalam sehari, dengan durasi 2–3 jam setiap sesi tidur.

Di sela waktu tersebut, manfaatkan waktu untuk menonton serial kesukaan, berendam di air hangat, membaca buku, melakukan hobi, atau tidur agar tubuh kembali bugar.

BACA JUGA:SMSI Provinsi Jambi Turut Perhatikan Pergelaran 'Lemari' Teater Tonggak

BACA JUGA:Warga Kumundebai Ancam Segel dan Tutup TPS Sementara, Jika Pemkot Sungaipenuh Langgar Kesepakatan

3. Meluangkan waktu bersama pasangan

Bermesraan dengan pasangan mungkin terasa sulit dilakukan setelah memiliki anak. Meski sulit, sempatkan untuk melakukan quality time berdua, bahkan sekadar menonton TV.

Keluarkan keluh kesah yang Bunda rasakan. Ungkapkan kepada pasangan bahwa dukungan dan bantuannya sangat berarti dalam menjalani peran sebagai orang tua baru.

4. Membatasi kunjungan keluarga atau teman

Meski bermaksud untuk menunjukkan simpati dan ikut berbahagia dengan kelahiran Si Kecil, kunjungan kerabat dapat menyita waktu. Di samping itu, sering kali ibu yang baru melahirkan mendapatkan komentar yang kurang menyenangkan terkait fisik maupun cara mengurus bayi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menolak sementara kunjungan kerabat sampai Bunda merasa siap. Beri pengertian bahwa Bunda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan peran yang baru.

BACA JUGA:Komplotan Jambret Asal Kota Jambi yang Kerap Beraksi di Tanjab Timur Berjumlah 6 Orang

BACA JUGA:2 Pelaku Jambret yang Diringkus Petugas di Tanjab Timur Ternyata Sudah Dua Kali Dipenjara dengan Kasus Serupa

5. Bertukar pikiran dengan ibu lain

Sering kali stres berasal dari ketidakpahaman mengenai cara mengasuh anak. Misalnya, tidak tahu bagaimana cara menangani tangisan bayikesulitan menyusui, atau khawatir berlebihan ketika bayi menunjukkan perilaku yang tidak biasa.

Agar tidak panik, bekali diri dengan berbagai pengetahuan tentang metode mengasuh bayi. Bunda dapat bergabung di komunitas orang tua untuk berbagi cerita serta bertukar pengetahuan dengan ibu-ibu lainnya. Koneksi yang terbangun dapat menjadi support system dalam menjalani peran Bunda sebagai orang tua.

Adanya ruang diskusi dengan ahli juga memberikan kesempatan bagi Bunda untuk bertanya mengenai kendala dalam mengurus Si Kecil. Dengan berbekalkan pengetahuan tentang merawat bayi, Bunda dapat terhindar dari stres yang mungkin terjadi setelah proses persalinan.

6. Memijat bayi

Memijat bayi merupakan cara sederhana dan efektif untuk menjalin dan memperkuat ikatan emosional (bonding) antara orang tua dengan bayi.

BACA JUGA:Pasca Libur Lebaran, Bulog Pastikan Harga Pangan Stabil

BACA JUGA:Warga Kumundebai Ancam Segel dan Tutup TPS Sementara, Jika Pemkot Sungaipenuh Langgar Kesepakatan

Memberikan pijatan juga dapat membuat Bunda lebih tenang dan menstabilkan emosi. Penelitian bahkan mengungkapkan bahwa pijat bayi dapat menurunkan kecemasan, stres, serta gejala depresi pascamelahirkan.

Agar pijat bayi lebih bermanfaat, bunda dapat menggunakan minyak telon yang memang khusus diformulasikan untuk bayi. Minyak telon umumnya mengandung campuran minyak kayu putih, minyak kelapa, dan minyak lain, seperti minyak chamomile.

Secara tradisional, minyak kayu putih dikenal dapat memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Sementara itu, penelitian membuktikan bahwa kandungan minyak anis berkhasiat   dalam mengatasi perut kembung pada bayi.

Kandungan minyak kelapa pada minyak telon juga dipercaya memiliki  manfaat untuk melembapkan dan melindungi kulit bayi agar tidak kering.

BACA JUGA:PLTGU Riau Diresmikan, PLN: Listrik Andal dan Berkualitas, Siap Sambut Investor di Sumatera

BACA JUGA:Soal Nikuba Hidrogen, Iwan Piliang Sebut Dunia Pasti Mendukung

Nah itu dia beberapa tips untuk mengurangi stress ketika baru menjadi seorang ibu. Dan bunda, upayakan untuk tidak menumpuk dan memendam stres yaa, agar tidak berujung pada depresi pascamelahirkan. Berbeda dengan baby blues yang umumnya hilang setelah 2 minggu persalinan, depresi pascamelahirkan bisa berlangsung lebih lama. Terus semangat untuk Mengasihi bunda (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: