Jangan Tahan Buang Air Kecil Terlalu Lama, ini Dampak Jeleknya

Jangan Tahan Buang Air Kecil Terlalu Lama, ini Dampak Jeleknya

Ginjal--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ginjal memiliki peran untuk mengendalikan keseimbangan cairan dan menjaga keseimbangan kadar elektrolit pada kadar yang tetap stabil.

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk fungsi tubuh yang baik dan pencegahan masalah kesehatan yang terkait dengan ginjal. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan ginjal:

BACA JUGA:Dugaan Kasus Pemerasan Mantan Menteri Pertanian SYL, Ketua KPK Firli Bahuri Mangkir Panggilan Kedua

BACA JUGA:Pelaku Pembobolan Toko di Kawasan Rimbo Bujang, Tebo Dibekuk Polisi

Konsumsi Air yang Cukup: Minum banyak air membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal dan memungkinkan ginjal untuk membersihkan toksin dari tubuh. Tidak semua orang membutuhkan jumlah air yang sama, tapi sebagai pedoman umum, minumlah sekitar 8 gelas air sehari.

Pantau Tekanan Darah: Tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal. Pantau tekanan darah secara teratur dan ikuti langkah-langkah untuk menjaga tekanan darah tetap stabil jika perlu.

Konsumsi Diet Seimbang: Makan makanan sehat yang rendah garam, rendah lemak, dan tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Kurangi konsumsi garam, makan makanan segar dan hindari makanan olahan.

Pantau Tingkat Gula Darah: Diabetes dapat merusak ginjal. Pantau dan kontrol tingkat gula darah jika Anda memiliki risiko diabetes.

BACA JUGA:Wajib Dukung Palestina, MUI Terbitkan Fatwa Beli Produk yang Dukung Agresi Israel

BACA JUGA:Polisi Korea Selatan Salut dengan Penanganan Narkotika ala BNN RI

Hindari Konsumsi Berlebihan Suplemen: Beberapa suplemen, terutama yang mengandung vitamin atau mineral tertentu dalam jumlah besar, bisa berisiko bagi ginjal. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen.

Hindari Konsumsi Alkohol Berlebihan: Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Hindari Rokok: Kebiasaan merokok dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal.

Jangan Tahan Buang Air Kecil Terlalu Lama: Buang air kecil ketika Anda merasa perlu. Tahanan urine terlalu lama dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan pembentukan batu ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: