Anwar Sadat : Pentingnya Pendidikan dan Partisipasi Perempuan dalam Bidang Politik

Anwar Sadat : Pentingnya Pendidikan dan Partisipasi Perempuan dalam Bidang Politik

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Bupati Tanjungjabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi perempuan di Kabupaten Tanjab Barat dengan tema 'Melalui Kegiatan Sosialisasi Peran Perempuan dalam Meningkatkan Partisipasi Politik untuk Mewujudkan Kesetaraan Gender', Kamis (24/03/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Hotel Arriyadh ini juga turut dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi/mewakili, Sekretaris Badan Kesbangpol Tanjab Barat, Para Narasumber, Peserta dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Taufiqurrahman, SE dalam laporannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggungjawab setiap warga negara menyongsong pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

"Semoga peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan berperan aktif terhadap materi yang disampaikan oleh para narasumber sehingga pemahaman dan informasi yang diperoleh dari kegiatan ini dapat diteruskan kembali kepada masyarakat di lingkungan masing – masing," Ujarnya.

Sementara itu Bupati Tanjungjabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan bangsa yang demokratis sudah cukup lama menjadi harapan bagi rakyat Indonesia. Menurutnya, proses pencapaian demokrasi membutuhkan partisipasi seluruh elemen bangsa termasuk didalamnya adalah keberadaan eksistensi perempuan Indonesia.

“Partisipasi politik ini dapat dilakukan oleh warga negara secara jelas dan diundangkan dalam Undang-Undang, peraturan dan sebagainya, ini menjadi upaya kita bersama melibatkan elemen seluruh bangsa. Bagaimana bangsa ini dikelola dengan baik dan pada akhirnya menumbuhkan demokrasi kebangsaan,” Ujar Bupati.

“Negara kita sudah membuat regulasi bagaimana partisipasi politik perempuan yang diamanahkan dalam UU No 2 tahun 2011 salah satunya adalah pendirian dan pembentukan partai politik menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan dan terus terang saja kita masih sedikit keterwakilan perempuan di partai politik begitu juga di pemerintahan,” tambahnya.

Bupati juga mengatakan keterwakilan perempuan baik di Parpol atau pun Pemerintahan masih jauh dari yang diinginkan, sedangkan menurutnya peran serta dan partisipasi perempuan itu sangat penting dalam menjalankan Pemerintahan.

“Saya berharap pemahaman dan informasi yang diperoleh dari kegiatan ini agar disampaikan kepada perempuan-perempuan di Tanjungjabung Barat tentang bagaimana sebenarnya eksistensi perempuan itu, baik dikeluarga maupun dalam kehidupan sosial, dan saya mengajak seluruh peserta untuk tetap mengedepankan politik cerdas, santun, kerukunan antar umat, baik ras maupun agama, dan yang tidak kalah pentingnya rasa nasionalisme,” ujarnya.

“Saya juga berharap agar sosialisasi ini tidak terhenti disini agar makin banyak lagi masyarakat kita yang mengerti pentingnya pendidikan politik dan berpartisipasi dalam bidang politik.” Tutup Bupati.(rul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: