Persaingan E-Commerce Semakin Ketat, Ini yang Paling Dicari Pelanggan

Persaingan E-Commerce Semakin Ketat, Ini yang Paling Dicari Pelanggan

Posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan persentase 28 persen, kemudian disusul Lazada (26 persen) di urutan ketiga, Blibli (25 persen) keempat, dan OLX (20 persen) kelima.

Disisi pelacakan atau tracking, 29 persen responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Pada urutan kedua, Shopee (18 persen), Lazada 16 persen, Bukalapak dan Blibli masing-masing 11 persen. 

BACA JUGA: Minta Sumbangan ke Wali Murid, SMAN 12 Kota Jambi Mengatasnamakan Komite Sekolah 

BACA JUGA: Selain Lakukan Penyisiran,Tim SAR Gunakan Sonar Untuk Cari Bocah Tenggelam di Sungai Batanghari

“Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen,” ujar Lioni Halim, Research Director Brand Health Tracking Ipsos Indonesia melalui laporan resminya.

Selain kecepatan sampai ke tangan konsumen, kualitas produk tentu menjadi faktor penting dalam kepuasan konsumen. Ketika konsumen kecewa dengan kualitas produk yang ia beli, ia akan berpotensi beralih kepada pilihan toko online lainnya, bahkan mungkin e-commerce pesaing. Oleh karena itu, penting bagi platform e-commerce untuk memerhatikan kualitas produk yang tersedia.

Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa mayoritas konsumen (74 persen) menilai produk-produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63 persen, lalu Bukalapak 50 persen, dan OLX 40 persen.

Lebih lanjut, pada survei ini juga diketahui media sosial milik Shopee (54 persen) paling populer di kalangan pengguna e-commerce, popularitas posisi kedua diduduki oleh media sosial Lazada 41 persen, disusul Tokopedia 40 persen, Bukalapak 21 persen, dan Blibli 29 persen. (Viz)

Artikel ini telah tayang di sumeks.co, dengan judul Persaingan E-Commerce di Indonesia, Mana yang Paling Gercep?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: