Persaingan E-Commerce Semakin Ketat, Ini yang Paling Dicari Pelanggan

Persaingan E-Commerce Semakin Ketat, Ini yang Paling Dicari Pelanggan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Persaingan e-commerce di Indonesia sudah semakin ketat. Masing-masing e commerce berlomba lomba memberikan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan. Nah,mana dari mereka yang paling gerak cepat mengikuti perkembangan teknologi?

Mari kita cek satu persatu. Di Indonesia sendiri cukup banyak jumlah e-commerce. Masing masing merekapun memiliki strategi sendiri untuk menggaet pelanggan.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh e-commerce. Namun mereka juga harus terus mampu menggaet pelanggan dengan mencsri faktor apa saja yang menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih e commerce.

Beberapa faktor penting yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih platform e-commerce ketika akan berbelanja secara online di antaranya kualitas dan harga produk, banyaknya promosi, pilihan metode pembayaran, customer service, rating/review toko, dan yang tak kalah penting ialah layanan pengiriman yang ditawarkan. 

BACA JUGA: Rayakan Hari Kartini, Sinsen Berikan Promo Menarik 

BACA JUGA: Terima 1.000 Paket Minyak Goreng, Kapolda Jambi: Segera Kita Salurkan

Hal ini tentunya juga menjadi pemikiran tersendiri oleh platform e commerce tersebut. Menurut Ipsos, perusahaan riset pasar atau market research global yang ada di Indonesia, pihaknya sudah melakukan riset terhadap survey persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman oleh platform e commerce.

Sebelumnya, survey dilakukan pada Januari 2022 lalu secara tatap muka. Survey ini melibatkan sebanyak 1.051 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

Dari hasil survei yang didapat, Tokopedia dinilai unggul dengan layanan pengiriman terbaik, terlengkap, dan yang paling penting, paling gerak cepat (gercep) di antara e-commerce lainnya. Di sisi lain, mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.

Seperti sudah disinggung di atas, sama halnya dengan kualitas produk, layanan pengiriman juga memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih e-commerce. Layanan pengiriman mencakup durasi pengiriman, variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak atau tracking pengiriman.

BACA JUGA: Tajir! Dedy Corbuzier Investasikan Dana Rp10 M untuk Brand Lokal ini

BACA JUGA: SMAN 12 Kota Jambi Minta Sumbangan ke Wali Murid, Begini Tanggapan Kepsek

Mayoritas responden (52 persen) mengakui Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45 persen), lalu Lazada (43 persen), OLX (40 persen), dan Bukalapak di urutan kelima (30 persen).

Sementara untuk variasi layanan pengiriman, Tokopedia masih disebut lebih unggul dibandingkan e-commerce lainnya. Sebanyak 33 persen responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: